Untitled-2LONDON, Today – Akhir pekan ini West Ham United ha­rus amat mewaspadai Harry Kane, penyerang Tottenham Hotspur yang ternyata punya persentase gol per laga paling bagus di derby London, bahkan melampaui Thierry Henry dan Juergen Klinsmann.

London adalah kota yang menjadi markas sejumlah klub top. Di Premier League saat ini saja ada lima klub asal kota itu (Arsenal, Chelsea, Crystal Palace, Spurs, dan West Ham). Kane, yang namanya menjulang musim lalu, memang tercatat baru membuat 10 gol dalam derby-der­by London. Jumlah itu sebenarnya masih jauh dari Henry (Arsenal) sebagai topskorer derby London dengan total 43 gol.

Akan tetapi, dalam urusan rasio alias persen­tase gol per pertandingan, Henry bahkan masih kalah tajam dari Kane. Dalam aspek ini peny­erang internasional Inggris berusia 22 tahun tersebut merupakan pemain dengan taji paling tajam.

Gol-gol yang dibuat Kane ke gawang rival sekota Spurs sudah ia bukukan hanya dalam 13 pertandingan. Artinya Kane membuat rata-rata 0,77 gol per partai di derby London.

Jumlah itu melampaui Henry dengan persen­tase 0,73 gol per pertandingan dan juga Klins­mann, mantan bomber Spurs, dengan rasio 0,65 gol per pertandingan. Keduanya secara beruru­tan ada di posisi dua dan tiga.

Kane, topskorer kedua Premier League musim lalu dengan 21 gol, sudah membuat to­tal 6 gol di Premier League 2015-16. Salah satu gol di antaranya ia buat ke gawang Arsenal tepat sebelum jeda internasional dalam hasil akhir 1-1.

(Adil | net)