Foto : Net
Foto : Net

KUALA LUMPUR, TODAY — Akhir Desember 2015 seluruh negara ASEAN sepakat menjadi kawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menegaskan, Indonesia tidak perlu takut menghadapi MEA.

Untuk memantapkan kesiapan ekonomi dalam negeri, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela KTT ke-27 ASEAN, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam pertemuan itu, ter­ungkap sekitar 1.000 pengusaha dari Jepang akan datang ke Indonesia.

Baca Juga :  Resep Terong Balado ala Masakan Padang

“Dengan Jepang tadi saya sampaikan, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Shinzo Abe yang besok saya akan menerima kurang lebih 1.000 businessman dan tokoh-tokoh penting dari Jepang,” ujar Jokowi saat ditemui di Gedung Kuala Lumpur Convention Cen­ter, Malaysia, Minggu (22/11/2015).

Rencananya, 1.000 pengusaha itu akan diterima Jokowi pada Senin (23/11/2015) di Jakarta. Ada juga tokoh-to­koh dari Jepang yang akan hadir. “Nanti ada Bapak Nikei, Bapak Fukuda, sehing­ga ini menujukkan bahwa kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Jepang akan terus terjalin semakin baik,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Tradisi minum teh di Solo yang Berkembang Sejak Zaman Kolonial

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa kerjasama in­vestasi harus tetap berjalan dengan baik. “Dan saya sampaikan investasi di bidang infrastruktur, investasi bidang manufak­tur, investasi bidang industri itu semua akan tetap berjalan dengan baik. Saya kira peluang seperti ini harus dimanfaat­kan,” kata Jokowi.

(Yuska Apitya/dtkf)