Untitled-17Kota Bogor akhirnya berhasil menyabet sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkun­gan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini diraih setelah Kota Bogor men­unggu 27 tahun lamanya. Apa saja yang membuat Kota Bogor meraih predikat kota asri ini?

(Yuska Apitya Aji)

BERSAMA 69 kota/kabu­paten se-Indonesia, Kota Bogor meraih sertifi­kat Adipura tahun 2015. Penghargaan diberikan atas peningkatan kinerja kabupaten/kota dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan se­lama periode 2014-2015. Penghargaan ini dis­erahkan dalam seua acara di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, pada Senin (23/11/2015) malam. Dan, untuk Kota Bogor diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hi­dayat.

Hadir dalam acara penyerahan Wakil Pres­iden, Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan menteri lingkungan hidup di era-era sebelumnya. Usai menyerahkan peng­hargaan Adipura Kencana bagi tiga kota terpil­ih, Jusuf Kalla mengatakan, mendapat penghar­gaan Adipura merupakan harapan masyarakat dari masing-masing daerah karena hal tersebut bermakna tingkat kehidupan, kebersihan ling­kungan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Lingkungan yang baik, selain memberi­kan kenyamanan bagi masyarakat juga mam­pu meningkatkan kesehatan dan kebersihan masyarakat. Dewasa ini muncul suatu angga­pan keliru tentang kesehatan, hakikatnya kese­hatan selalu dimulai dari preventif dan pemeli­haraan lingkungan yang baik. Kota yang bersih dan lingkungan yang sehat serta baik pasti akan dikunjungi orang banyak yang berdampak ke­pada sektor ekonomi pula,” tutur Kalla.

Baca Juga :  Bejat! 10 Anak Panti Asuhan di Batam Dicabuli Guru Mengaji, Seorang Anak Melapor ke Ibunya

“Ini merupakan pembuktian. Ketika kita bersatu dan bersama-sama melakukan sesuatu tidak ada yang tidak mungkin. Untuk sekarang, walaupun baru mendapat sertifikat. Saya rasa peningkatan dari sertifikat ke penghargaan ad­ipura, insyaAllah bukanlah sesuatu yang sulit. Dengan sinergi dan kolaborasi semua pihak, saya memiliki keyakinan Kota Bogor dapat mewujudkannya,” kata Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Selasa (24/11/2015).

Terpisah, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Riyan­to, mengatakan, penghargaan ini adlaah hasil kerja keras bersama. “Ini merupakan anugerah bagi Kota Bogor. Setelah menunggu 27 tahun, sertifikat ini semoga menjadi awal yang lebih baik kedepan. Semoga tahun depan, kita be­nar-benar mendapatkan piala yang sudah lama diimpikan,” pungkas Irwan.

Lomba Kebersihan Tingkat RT

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya, mengapresiasi diraihnya kembali penghargaan Adipura oleh Kota Bogor setelah 27 tahun ab­sen. “Meskipun bukan piala, tetapi ini sudah merupakan penghargaan yang harus kita sy­ukuri. Karena sertfikat Adipura diberikan kepa­da daerah yang melakukan lompatan signifikan dalam pengelolaan lingkungan dan sampah,” terangnya.

Baca Juga :  Bejat! Pria Asal Sumut Cabuli Dua Bocah di Pidie

Menurut Bima, nilai yang dicapai Kota Bo­gor tahun ini berselisih sedikit untuk meraih piala Adipura. “Kita harus lebih optimis ke depannya. Dan hasil ini harus dijadikan moti­vasi, sehingga tahun depan, Piala Adipura bisa diraih Kota Bogor,” harap Bima.

Untuk itu, Bima berharap ada langkah lan­jutan untuk mendorong lebih nyata partisipasi masyarakat. “Salah satunya, dalam enam bulan ke depan, akan dilaksanakan lomba kebersi­han tingkat RT. Namun, supaya melahirkan kesadaran yang kuat, setiap RT yang akan ber­partisipasi harus mendaftar terlebih dahulu,” ujarnya.

Bima pun meminta konsep lomba keber­sihan tingkat RT ini dirumuskan lintas OPD. “Selamat dan terima kasih kepada OPD-OPD terkait yang telah berjuang dan bersinergi bersama sehingga Kota Bogor memperoleh sertifikat Adipura. Dan harapannya, OPD-OPD lain dapat terus memberikan dukungan,” kata Bima.