Untitled-5BOGOR, Today- Sangat membang­gakan apa yang dilakukan siswa Sekolah menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cariu di Kampung Babakan­raden RT 01/01 Desa Babakanraden, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Belum lama ini, siswa disekolah itu menciptakan listrik tenaga surya, lampu PJU plus Lampu LED tenaga surya, mesin pengisap asap atau debu teknik las.

Kepala SMK Negeri 1 Cariu, Mah­di memaparkan, SMKN 1 Cariu meru­pakan salah satu sekolah kejuruan (vocational school) di Kabupaten Bogor, yang ikut andil dalam men­didik, melatih, membimbing, men­garahkan dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan be­rakhlak mulia untuk dapat mengisi kebutuhan industri di wilayah Bogor khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

“Untuk dapat memenuhi keingi­nan tersebut SMKN 1 Cariu meny­iapkan langkah-langkah dasar yang diperlukan dibidang kurikulum, hubungan industri dan sarana prasa­rana yang mencukupi serta dilengka­pi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal,” kata dia.

Disetiap kurikulum, masih kata Mahdi, SMK Negeri 1 Cariu berkolab­orasi dengan dunia industri, agar lulusan yang dihasilkan sesusai den­gan kebutuhan (up to date) disamp­ing kurikulum muatan minimal kuri­kulum yang dirancang pemerintah.

“Dibidang hubungan industri, kami melibatkan dunia Industri, sep­erti contoh adalah Honda, dimana mereka sendiri turut terlibat dalam seleksi penerimaan siswa baru, pros­es pendidikan dan pelatihan (OJT) dan termasuk termasuk recruitment tenaga kerja,” tuturnya.

Dibidang SDM, sambung dia, SMK Negeri 1 Cariu menerapkan pola continous professional development (CPD), hingga kompetensi yang di­miliki seluruh guru selalu terbaru­kan, yang diperoleh melalui sistem magang guru di industri, maupun kolaborasi instruktor industri yang datang ke sekolah SMKN 1 Cariu.

“Keberhasilan SMK Negeri 1 Cariu mengusa­hakan kualitas guru yang dimiliki agar sesuai dengan visi dan misi, hingga mem­peroleh hasil lulusan yang op­timal, juga bersaing di perguruan tinggi,” pungkas Mahdi.

Sementara itu, Kepala Di­nas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dace Supriadi men­gaku sangat bangga dengan produk-produk yang dicip­takan oleh murid-murid SMK Negeri 1 Cariu. “Kita ha­rus dukung terus karya-karya pelajar ini. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain,” kata Dace Supriadi.

(Latifa Fitria)