Dokumen
Dokumen

Pemerintah Kabupaten Bogor dibawah kepemimpinan Bupati Hj Nurhayanti kembali meraih penghar­gaan bergengsi. Kali ini, Bumi Tegar Beri­man meraih Program Kelu­arga Harapan (PKH) Award kategori Kon­sistensi Pemer­intah dalam Pelaksanaan PKH.

(Rishad Noviansyah)

Hanya enam kabupaten di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. Pem­kab Bogor menjadi satu-satu­nya yang menerima penghar­gaan yang diberikan langsung Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Rabu (25/11/2015) malam.

Nurhayanti mengung­kapkan, keberhasilan ini tidak didapat dengan mudah dan harus melewati proses panjang, karena harus kon­sisten dalam menanggulangi kemiskinan dengan Program PKH lewat pemberian ban­tuan tunai langsung bersyarat.

“Kabupaten Bogor ber­hasil menjadi yang terbaik di Jawa Barat yang konsisten melaksanakan PKH setiap ta­hunnya. Ini juga akan kami jadikan motivasi untuk men­capai kabupaten termaju 2018,” ujar Nurhayanti, Kamis (26/11/2015).

Baca Juga :  Sekda Terima Arahan Gubernur Untuk Segera Pulihkan Wilayah Terdampak Bencana

Kepala Dinas Sosial Ke­tenagakerjaan dan Trans­migrasi (Dinsosnakertrans), Yous Sudrajat yang mewakili Nurhayanti untuk menerima piagam penghargaan dari Menteri Khofifah ini menam­bahkan, pada tahun ini, PKH yang terdata sebanyak 52.325 keluarga sangat miskin. “PKH yang terdata 52.325 keluarga sangat miskin. Pada tahap I, dana yang sudah tersalurkan sebesar Rp 17,628 miliar dari alokasi Rp 17,714 miliar,” kata Yous.

Dengan penghargaan ini, Pemkab Bogor memperoleh dana pendamping sebesar Rp 1,8 miliar untuk digunakan membuka bimbingan pelati­han bagi 500 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di 10 kecamatan. “Lelang pengadaan alat dan bahan pelatihan sudah selesai. Pelatihan 500 KSM juga sudah berlangsung yang meliputi bi­dang peternakan, perikanan, pertanian dan industri tata boga,” jelas Yous.

Baca Juga :  Merawat Tradisi Membuat Dandang Nasi

Ia menuturkan, Pemkab Bogor pun memperoleh dana pendamping dengan total ang­garan Rp 1,8 miliar. Dana itu digunakan untuk membuka bimbingan pelatihan bagi 500 keluarga sangat miskin di 10 kecamatan.

Pelatihan KSM, kata Yous, untuk memperkuat kemamp­uan dan keterampilan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) agar mampu meningkatkan kondisi sosial ekonomi kelu­arga hingga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri kelak. “Jadi mereka dapat hidup layak di tengah-tengah lingkun­gan sosialnya,” pungkasnya.

Di bawah kepemempinan Nurhayanti, Kabupaten Bogor telah meraih beragam pres­tasi. Seperti tuan rumah Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belka­ga), Pengentasan Buta Aksara, Kabupaten Layak Anak, Jami­nan Kesehatan Nasional (JKN) Award, memecahkan rekor MURI saat menyajikan 1.500 laksa (makanan) ikan dalam perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke- 533 serta.