2017-Ford-Escape-05-1Ford lagi-lagi siap memamerkan SUV terbarunya, Ford Escape terbaru akan segera dipasarkan Maret 2016 dan siap tantang Mazda CX-5, Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Ford telah membuka selubung kendaraan terbarunya, yakni Ford Escape yang hadir lewat gelaran Los Angeles Auto Show 2015. Bisa dibilang SUV ini telah mengalami per­ombakan total agar makin diterima oleh pasar.

Perubahan paling kentara ada pada wajahnya. Terlihat pada gril besar dengan bentuk heksagonal yang menyerupai Ford Everest. Sementara bagian belakangnya menggunakan desain lampu baru den­gan LED, yang sekilas mirip dengan Ford Edge.

Ford menambah dua p i l i ­han mesin EcoBoost untuk Escape teranyar. Per­tama, mesin berkapasitas 1.500 cc Ecoboost yang menghasilkan tenaga sebesar 180 dk dan torsi 250 Nm. Lalu kemudian ada mesin 2.000 cc turbo yang bertenaga 245 dk serta torsi maksimal 374 Nm.

Bila nantinya hadir di Indonesia, mesin 1.500 cc berteknologi Ecoboost miliknya, dirasa sudah cukup untuk bersaing dengan para penghuni segmen me­dium SUV lain. Mazda CX-5, Honda CR-V, dan Nissan X-Trail tentu harus bersiap dan waspada dengan ke­hadirannya. (Latifa Fitria/NET)

Ada lima kelebihan Ford Escape 2017

Kelebihan pertama bisa dilihat pada perubahan penting di bagian interior. Pasalnya, Ford mema­sang lingkar kemudi baru, serta bagian ten­gah dashboard yang telah dikonfigurasi ulang. Plusnya, kini terdapat dua tatakan gelas dan sandaran tangan terbaru. Fleksibili­tas itu merupakan dampak dari pergantian rem tangan konvensional menjadi rem parkir elektronik.

Kelebihan kedua Ford Escape 2017 adalah telah hadirnya sistem infotainment SYNC 3. Sistem ini pu­nya aplikasi SYNC Connect agar pemilik mobil bisa mematikan dan menyalakan mesin, mengunci dan membuka pintu, dan memverivikasi kondisi bahan bakar.Kelebihan ketiga Ford Escape 2017 bisa dilihat pada perangkat keselamatannya. Sebut saja cruise control, active park assist, lane keeping, dan drive alert system. Kesemua itu dilengkapi dengan in­formasi titik buta (blind sport) dengan cross-traffic alert, hill-startassis, auto high-beam control dan handsfree tailgate.

Kelebihan keempat adalah aplikasi mesin Eco­Boost. Di balik bonnetnya terpasang mesin 1,5 liter EcoBoost bertenaga maksimal 180 hp dan torsi maksimalnya mencapai 250 Nm. Bagi penyuka per­forma lebih tinggi, tersedia mesin 2,0 liter EcoBoost bertenaga 245 hp, dan bertorsi maksimal 374 Nm. Tipe tertinggi ini mendapatkan piston baru, serta pembaruan pada manipold sistem buang. Hasilnya Ford Escape 2017 lebih senyap, tingkat geta­ran dan kebisingan diperbaiki.

Kelebihan kelima, mesin berturbo ini dilengkapi pula dengan auto start-stop untuk mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 4-6% di kema­cetan. Terdapat pula pilihan mesin non turbo berkapasitas 2,5 liter bertenaga 168 hp dengan torsi 230 Nm.