Untitled-9BOGOR, Today – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informatika Pesat bo­leh berbangga hati, pasalnya bebera­pa waktu yang lalu sekolah ini mulai diverifikasi untuk meraih akreditasi multimedia atas dua kompetisi keahl­ian anak-anak didiknya, diantaranya Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dua Tim Assesor Jawa Barat didatang­kan langsung yang bertugas untuk melakukan survei, salah satunya Drs Nanan Najmul.

“Baru kali ini saya melihat sekolah yang pelaksanaan upacaranya seperti Upacara Hari Besar Nasional (UHBN), begitu tertib dan disiplin,” kata Nanan.

Proses verifikasi akreditasi ini juga ti­dak sembarangan dilakukan, karena sebelumnya assesor melakukan pemerikasaan berkas ad­ministrasi, tim akreditasi menanyang­kan profile sekolah, yang di dalamnya terdapat muatan tentang program-pro­gram sekolah.

Selain itu, komponen pelajaran pelaksanaan salat wajib berjamaah, salat sunat dhuha dan tahajud, tadarus Al-Quran, Tahfidz dan BTQ, Hapalan Juz 30, Birrul Walidain, pembiasaan infaq shadaqoh, dan Umrah gratis bagi siswa/siswi yang telah hapal juz 30 dan surat-surat pilihan lainnya bagian dari pertimbangan mengapa predikat di­berikan.

Pemeriksanaan berkas Akreditasi dibagi ke dalam dua kelompok, sam­bung Nanan menjelaskan, dimana ia sendiri memeriksa kelompok standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian. Sedan­gkan berkas standar tendik, standar sapras, standar pengelolaan, dan stan­dar pembiayaan, diperiksa oleh rekan­nya (Ahmad Pepe).

“Pemeriksaan ini berlangsung dua hari yang dilanjutkan dengan super­visi guru dan visit kelas. Saya sangat terkesan pada saat siswa dites untuk menghafal Al Quran dan sambung ayat lalu siswa tersebut dapat melakukan­nya dengan benar, sungguh luar biasa. Sekolah ini sudah cantik luar dalam.

Terbukti dengan bangunan yang megah dan fasilitas yang memadai, serta dalamnya pun sudah cantik ter­bukti dengan pemberkasan akre yang hanya sedikit revisinya. Hanya saja perlu ditingkatkan lagi kualitas di dalam sekolahnya, dalam hal ini guru sebagai tenaga pendidik sangat turut berperan penting dalam mempercan­tik keadaan di dalam sekolah ini.” Tu­tur Nanan.

Sementara itu, Kepala SMK Infor­matika Pesat, Uun Nurhayanti berharap semoga sekolah ini tetap terakreditasi A dengan nilai yang memuaskan. Beliau optimis sekolah ini akan tetap terakre­ditasi A karena dengan perjuangan dan persiapan tim akreditasi yang sudah matang.

Kini, panitia akreditasi akan mem­persiapkan ‘Uji Petik’ karena SMK In­formatika Pesat yang dicanangkan oleh Provinsi Jawa Barat tingkat Nasional me­wakili sekolah swasta lainnya.” Suatu kebanggan bagi saya, karena sekolah ini baru berdiri lima tahun namun sudah mendapatkan kehormatan dan keper­cayaan yang besar dari provinsi Jabar,” pungkasnya.

(Latifa Fitria)