Untitled-2GERAKAN menanam pohon untuk menyelamatkan air dan udara yang dimotori alumni Fahutani IPB, koran harian Bogor Today, dan RAPI Kota Bogor kian merebut simpati masyarakat. Ini terbukti kian banyaknya warga perorangan dan organisasi yang bergabung secara sukarela dalam gerakan menanam pohon ini.

ALFIAN MUJANI
[email protected]

Pada acara penana­man pohon yang di­lakukan di SDN 1 Semeru Kota Bogor dan Rusunawa Men­teng Asri, selain para alumni Fahutan IPB, hadir perwakilan dari Bank BJB Para, Ketua PPM Jawa Barat Helmi Sutikno dan rombongannya, Ketua Askindo Kota Bogor Rizal Is­kandar, pengurus Askindo In­dra Wiraatmaja, Ketua RAPI i Kota Bogor Joko Sundoro, Sek­retaris RAPI Kota Bogor Ando Primadito Hutabarat, Ketua RAPI Bogor Tengah Tato Mar­sito, Wakil Ketua RAPI Bogor Tengah Iis Sopian, Bendahara RAPI Bogor Tengah Rudi Yanu­ardi, dan Bidang Operasional RAPI Bogor Tengah Edi Kus­mayadi, Dirut PDAM Tirta Pa­kuan Untung Kurniadi.

Sementara dari para alumni Fahutan IPB antara lain Ketua Pelaksana Gerakan Menanam Pohon Dr Hari Priyadi MSc, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Dr Gun Gun Hi­dayat, Suparno Bayunto SHut, Enik SK Shut, dan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Ko­ran Harian Bogor Today Alfian Mujani, Kepala SDN 1 Semeru Drs Asep Dadan Msi, Pengelola Rusunawa Menteng Asri Didin, dan puluhan warga Rusunawa.

BACA JUGA :  Disambangi Partai Golkar, PPP Ingin Bergandeng Tangan Saat Pemilihan Bupati Bogor 2024

‘’Saya sangat berteri­makasih, gerakan menanam pohon telah memilik SDN i Semeru sebagai lokasi pena­naman pohon. Hal ini sangat penting untuk mengenalkan anak secara dini pada ling­kungan dan pentingnya peng­hijauan,’’ kata Asep Dadan dalam sambutannya saat akan dimulai menanam pohon di halaman SDN I Semeru, Sabtu 28/11/2015).

Menurut Asep Dadan keg­iatan menanam pepohonan ini sangat penting. Sebab, po­hon merupakan sumber peng­hasil oksigen, penyedia air dan menjaga longsor. ‘’Karena itu, anak-anak harus belajar me­nanam pohon dan beajar cara memeliharanya,’’ katanya.

Kegiatan kali ini sangat is­timewa karena dilaksanakan melibatkan sekolah dan juga para penghuni Rusunawa Menteng Asri. Penanaman po­hon dilakukan di halaman se­kolah dan halaman Rusunawa Menteng Asri. Bibit yang ditan­am diantaranya adalah jenis buah-buahan yakni menteng, pala, manggis, jeruk purut, jeruk limo dan beberapa jenis pohon pelindung seperti tan­jung, mahoni, kemayau dan glodogan. Bibit-bibit tersebut merupakan sumbangan dari BPLH Kota Bogor.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Hari Priyadi, Ketua Pelak­sana Kegiatan Gerakan Mena­nam Pohon menyampaikan bahwa kesadaran menanam dan merawat pohon harus di­tanamkan sejak dini, khususn­ya di sekolah-sekolah. “Manfaat sebatang pohon diantaranya menghasilkan oksigen paling tidak 1-10 Kg perhari tergantung besar dan jenis pohon, meny­erap zat-zat polutan,’’ kata Hari yang menyelesaikan program doktor bidang Restorasi Sum­berdaya Alam di SLU Swedia.

Misalnya, lanjut Hari, karbondioksida, mencegah banjir, menyerap panas dan radiasi sinar matahari, meng­hasilkan buah-buahan sum­ber vitamin dan mineral (bila yang ditanam adalah jenis buah-buahan), menimbulkan ketenangan jiwa, dan masih banyak lagi. (*)

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR