sony_xperia_z5_compact_7.0Dalam pembaruan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow nantinya, fitur Stamina Mode dalam keluarga besar smartphone Xperia Z5 dikabarkan akan semakin hebat. Artinya, ketahanan baterai dari ketiga anggota seri tersebut akan menjadi lebih panjang dari sebelumnya.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Kabar perihal bakal diperkuatnya fitur Stamina Mode milik Xperia Z5 ini diung­kapkan oleh @Ricciolo1, salah satu akun di Twitter yang ge­mar membocorkan informasi mengenai sebuah produk yang bahkan belum dirilis.

“Baterai #XperiaZ5 #Xpe­riaZ5Compact #xperiaZ5pre­mium, akan menjadi juara sebenarnya, terima kasih ke­pada Stamina Mode yang ‘dit­ingkatkan’ di #Marshmallow #segera,” kicau akun tersebut, sebagaimana dirangkum dari Phone Arena, Senin (2/11/2015).

Baca Juga :  Kasus Suap Proyek Pengadaan Barang dan Jasa Ditetapkan Tersangka Oleh KPK

Stamina Mode merupakan salah satu fitur yang ada di An­droid, yang seperti namanya, akan membantu perangkat un­tuk menghemat baterai. Saat dinyalakan, fitur tersebut akan mematikan berbagai aplikasi yang berjalan di background dan aplikasi tidak akan melaku­kan sinkronisasi.

Stamina Mode juga akan mematikan jaringan internet di ponsel. Akan tetapi, sinyal se­luler GSM bakal tetap menyala. Itu artinya, pengguna bakal tetap bisa menerima panggilan telepon dan SMS.

Hadirnya fitur Stamina Mode ini membuat perangkat bisa menghemat banyak bat­erai. Namun, akibat ada be­berapa fungsi yang tidak bek­erja selama mode ini menyala, Stamina Mode hanya akan di­gunakan ketika baterai menca­pai kondisi tertentu.

Baca Juga :  Sub Komando Garnisun Bogor Peringati HUT TNI dengan Berbagi Sembako

Tidak dijelaskan oleh Ricci­olo1 peningkatan apa saja yang diberikan Sony untuk Stamina Mode tersebut. Namun, den­gan adanya Stamina Mode baru tersebut, seharusnya Xperia Z5 bisa mampu hidup lebih lama lagi.

Tanpa Stamina Mode seka­lipun, Xperia Z5 sudah dikenal dengan kemampuan baterai yang baik. Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai pal­ing besar, yakni 3430 mAH. Se­dangkan Z5 2900 mAH dan Z5 Compact 2700 mAH. Ketiganya dikatakan mampu beroperasi tanpa pengisian daya hingga dua hari dengan penggunaan standar.