Gary-NevilleVALENCIA, Today – Untuk pertama ka­linya, mantan bek Manchester United, Gary Neville dipercaya menjadi pela­tih kepala klub Spanyol, Valencia hingga akhir musim 2015/2016 dan reuni dengan sang adik, Phil Neville yang terlebih da­hulu menjadi asisten pelatih sebelumnya, Nuno Espirito Santo.

Sebelumnya, pemain tim nasional Inggris ini hanya bekerja sebagai staf pelatih di timnas Inggris setelah memu­tuskan gantung sepatu tahun 2011 silam. Neville pun tak segan untuk mengungkapkan kegembi­raan atas jabatan barunya ini.

“Saya antusias dan bangga mener­ima kesempatan besar ini bersama Va­lencia. Valencia adalah klub besar den­gan prestise luar biasa dan saya ingat dengan baik ketika saya masih sebagai pemain, bagaimana semangat dan loyalitas fans mereka,” kata Neville.

BACA JUGA :  Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas jadi Pemain Naturalisasi Berdarah Kediri

Neville baru akan bergabung dengan Los Che awal pekan depan, sehingga ia belum ber­gabung dengan tim saat meng­hadapi Barcelona akhir pekan nanti. Valencia mengumumkan penunjukan Gary Neville sebagai pelatih baru, Rabu (2/12/2015). Dia terikat kontrak hingga 30 Juni 2016.

“Saya menatap ke depan untuk bekerja dengan tim penuh bakat ini. Saya merasa antusias dengan tantangan yang akan datang,” tutur pria berusia 40 tahun ini.

Neville direncanakan bergabung den­gan tim pada Minggu (6/12/2015). Dia baru melakoni debutnya sebagai pelatih Valencia saat melawan Olympique Lyonnais pada lanjutan Liga Champions, Rabu (9/12/2015).

Tanpa Gary Neville, Valencia harus melakoni dua pertandingan terlebih da­hulu, yaitu melawan Barakaldo, Rabu dan Barcelona, Sabtu (5/12/2015).

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria Bertato di Pantai Imorenggo

Nuno Espirito Santo mundur dari ja­batannya sebagai pelatih Valencia setelah timnya dikalahkan Sevilla 0-1 dalam lan­jutan La Liga akhir pekan lalu. Kekalahan ini membuat klub yang dimiliki pengusaha Singapura itu berada di papan tengah klase­men.

Nuno menyatakan keputusannya mun­dur merupakan kesepakatan bersama yang dibuatnya bersama klub. Setelah Nuno mundur, manajemen Valencia lekas men­cari pengganti. Pilihan dijatuhkan kepada Gary Neville yang setuju menjadi pelatih sementara.

Meski menangani Valencia hingga akhir musim ini, Neville tidak akan meninggal­kan posisinya sebagai asisten pelatih Roy Hodgson di timnas Inggris.

(Rishad/Net-intennadya)

============================================================
============================================================
============================================================