2015-renault-clio-rs-220-trophy-edc-looks-very-impressive-at-geneva-debut-live-photos_1HATCHBACK kencang asal Perancis, Renault Clio RS 220 Trophy sukses mempecundangi beberapa nama besar antara lain Mini Cooper, Opel Corsa bahkan Audi di sirkuit legendaris Jerman, Nurburgring.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Dikutip dari Sport Auto, Renault Clio RS 220 Trophy mam­pu mencetak waktu 8 menit 23 detik di lintasan 20,8 km. Si small Renault Clio RS 220 Trophy kini menjadi yang terde­pan sebagai pencetak rekor baru tersebut di lintasan Nur­burgring dengan kecepatan yang sangat mengagumkan.

Renault Clio RS 220 Trophy terbaru ini dengan begitu mudah melintasi sirkuit yang memiliki popularitas di dunia dengan dengan catatan waktu terbaik, bahkan sanggup meninggalkan lawannya jauh di belakang den­gan waktu yang cukup mengesankan.

Mobil small hatchback ini dikendarai oleh Christian Gebhart yang merupakan editor dari Sport Auto yang mengakui bahwa kendaraan ini sangat mudah dikendarai dan dapat melaju dengan ringan di lintasan tersebut.

Bahkan, dengan kecepatan yang luar biasa tersebut, Renault Clio RS 220 Trophy ini berhasil mencacatkan waktu hanya 8 menit 32 detik/lap. Waktu tempuh yang dihasilkan oleh Clio ini merupakan versi ‘hardcore’ yang telah sukses mem­buktikan bahwa dirinya sanggup menjadi kendaraan yang memiliki kecepatan sebanyak 3 detik di depan dari Mini Cooper JWC, kemudian 8 detik lebih cepat dari Opel Crosa OP bahkan lebih cepat 9 detik dari Audi S1.

Tentu saja hal tersebut membuat para lawannya kalang kabut untuk menyusul kecepatan dari Clio RS 220. Angka ini menjadi prestasi baru yang dicapai oleh hatchback versi mini yang telah ada saat ini.

Membawakan spesifikasi secara teknis, Renault Clio RS 220 Trophy memang berada pada satu level di bawah Honda Civic Type-R dan juga saudaranya Renault Sport R.S 275. Dengan mengemban mesin turbocharged 4-silinder berkapasitas 1,6 liter ini sanggup menyemburkan tenaga yang menembus angka hingga 220 hp dengan torsi sebesar 280 Nm bersama overboost function.

Lebih dari itu, mobil ini dilengkapi LSD dan suspensi sport. Serta sasis yang lebih kaku dan rendah, aplikasi ban Michelin Pilot Super Sport dan revisi jok sport dengan head rest terintegrasi. Juga R.S. Drive system dengan tiga mode berkendara menjadi resep ampuh menangani lintasan Nur­burgring.

Dengan adanya pencetak rekor terbaru, kemungkinan besar Renault Clio RS 220 Trophy ini akan menuai banyak kekaguman dari pengamat dan pecinta dunia otomotif khususnya yang suka melaju pada lintasan dengan kecepatan maksimal. Bersiap-siaplah Clio RS 220 akan menjadi primadona baru di lintasan dengan kekuatan super.

============================================================
============================================================
============================================================