1376907633Maruti-Ertiga-PhotoDIPOSISIKAN sebagai varian tertinggi, bahkan lebih tinggi dari tipe GX saat ini, Suzuki Ertiga Dreza tentu wajib menyuguhkan fitur yang lebih dari model Ertiga lainnya. Seperti apa?

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Suzuki New Ertiga Dreza segera launch­ing di tahun 2016, Suzuki menyiapkan pengganti Suzuki Ertiga Elegant yaitu Suzuki New Ertiga Dreza. Suzuki New Ertiga Dreza sejatinya di in­dia tersedia mesin diesel na­mun untuk Indonesia Suzuki mengeluarkan mesin manual dan automaticnya saja.

”Nanti akan diposisikan mengganti model Ertiga Sporty dan Ertiga Elegant. Kami siap­kan dengan fitur yang lebih lengkap. Jadi kalau ingin pu­nya Ertiga yang bukan ’sejuta umat’, sudah ada tipe yang bisa dipilih,” kata Davy Selaku Four Wheel Deputy Managing Director Suzuki.

Fitur Pertama yang paling sederhana, rem ABS dan EBD yang tidak ada pada Ertiga saat ini, bakal terdapat pada Ertiga Dreza. Bisa jadi, inilah jawaban dari banyak pertan­yaan tentang Suzuki Ertiga tipe GX yang kini tak lagi dilengkapi teknologi rem An­tilock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Dua fitur yang menghilang ini kemung­kinan besar akan disematkan pada Ertiga tipe baru.

Masuk ke dalam kabin, kita akan disuguhkan aksen kayu yang baru. Pelapis jok bahan pabric juga bermotif baru dan kursi dibuat lebih tebal sehingga menambah kenya­manan.

Sektor hiburan kabin juga jadi perhatian serius Suzuki untuk mobil keluarganya ini. Disebut sebagai AVN (Audio Video Navigation) bisa dibay­angkan apa yang terdapat pada sistem hiburan kabin ini.

Berupa layar sentuh beru­kuran 9 inci, yang mengusung sistem operasi Android, den­gan konektifitas Bluetooth, navigasi, phone mirroring, perintah suara, sampai tampi­lan layar resolusi HD.

Sedangkan fitur-fitur lainnya seperti double airbag, sistem anti maling immobilizer, juga side impact beam dan sensor parkir bakal menjadi standar dari Suzuki Ertiga Dreza.

Suzuki menawarkan dua var­ian untuk Ertiga Dreza, mulai dari tipe Dreza standar dan tipe Dreza GS. Keduanya ditawarkan pula dengan dua pilihan trans­misi, yakni manual dan otoma­tis. Sementara mesinnya, tetap mengandalkan mesin K14B berkapasitas 1.4 liter.

Davy juga menegaskan, varian baru ini nanti akan berbeda dengan tiga kon­sep Ertiga yang ditampilkan dalam ajang GIIAS beberapa waktu lalu. Konsep yang dipajang hanya akan sebatas konsep dan memberi inspi­rasi pemilik Ertiga jika ingin memodifikasi.

Varian terbaru yang di­perkirakan akan bernama Ertiga Dreza ini, akan men­jadi varian termewah den­gan fitur terlengkap. Ertiga Dreza tetap memakai konsep Suzuki New Ertiga yang ma­kin mengerti keluarga yaitu Aman, Mewah, Irit, Nyaman. New Ertiga Dreza manual dan Suzuki New Ertiga Dreza au­tomatic ”matik” dengan full fitur yang bermanfaat. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================