Toyota_86_GRMN_Gazoo_Racing_01BELUM lama ini Toyota bersama divisi motorsport mereka, Gazoo Racing, mempersembahkan sajian baru buat pecinta mobil sport, yakni Toyota GRMN 86 yang lebih kekinian dan telah dilengkapi beragam equipment tambahan.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Karya teranyar yang dijuluki ‘Ultimate 86’ ini menurut kabar yang beredar akan menampak­kan dirinya untuk pertama kali dalam gelaran akbar Tokyo Auto Salon bulan Januari besok.

Tak hanya itu, konsumen Jepang yang terpikat juga bisa mu­lai meminang Toyota GRMN 86 dengan banderol 6.480.000 Yen atau sekitar Rp 734 jutaan. Harga yang pantas mengingat model terbaru ini dibuat eksklusif dan terbatas hanya 100 unit saja.

Mengaplikasikan 36 tahun pengalaman Gazoo Racing di kejuaraan dunia 24 Hours of Nurburgring Endurance Race, si punggawa sporty Toyota men­gunggah kosmetik baru dengan body kit yang mengoptimalkan aerodinamika dan downforce demi menggenjot performanya.

terdapat beberapa penam­bahan di sektor eksterior yaitu mengubah penampilan interior depan dengan sebuah headlight baru, lubang ventilasi pada kap mesin yang dirubah, dan pe­rubahan bumper serta penam­bahan di beberapa sisi lain.

Lampu Bagian belakang pada Toyota GT 86 GRMN FR Sports Platinum mengalami peruba­han dengan bumper, diffuser belakang dan sayap besar yang berbeda yang menempel me­nambah sensasi gaya 86 menjadi tambah lebih berkesan “sporty”. Dilakukan penyegaran di bagian depan serta fender belakang dengan memasang “Wider” dan “vented”.

Toyota GRMN 86 mengu­sung mesin FA20-GR 2.0 liter boxer empat silinder menyu­sul serangkaian upgrade yang mencakup piston yang lebih ringan serta mekanisme yang ada didalamnya. Diklaim mo­bil ini mampu menyemburkan 219 PS di 7.300 rpm dan 217 Nm di 5.200 rpm. Power tersebut disalurkan melalui gearbox 6 percepatan manual dengan ra­sio yang sudah direvisi, dan ke roda belakang melalui Torsen limited slip differential.

GRMN 86 dibekali kailper monoblok dengan 6 piston di area depan, sedangkan untuk ba­gian belakang akan mengusung rem dengan kaliper 4 piston. Untuk rodanya mempercayakan pada ban Bridgestone Potenza RE-71R model 215 / 40R17 x 7.5J bagian depan, dan model 235 / 40R17 x 8.5J pada bagian be­lakang dengan velg aluminium berukuran 17 inci.

Toyota GT 86 GRMN FR “Sports Platinum Concept” dirediksi lebih bertenaga dibanding versi sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kombinasi antara turbocharg­er dan supercharger. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================