Karate-Sulsel1JAKARTA, Today – Indonesia berhasil menjadi juara umum kejuaraan Karate Gojukai Asia Pasifik 2015, dengan total rai­han 29 medali emas, Minggu (29/11).

Dalam kejuaraan yang ber­langsung di GOR POPKI Cibu­bur Jakarta itu kontingen In­donesia juga memperoleh 34 perak dan 56 perunggu. Hasil ini tak mampu dikejar kara­teka Iran dan Jepang yang be­rada di urutan berikutnya.

Setelah tuan rumah In­donesia, posisi kedua juara umum ditempati Iran yang berhasil mendulang 15 medali emas, 20 perak, dan 24 per­unggu. Sementara kontingen Jepang harus puas di posisi ketiga dengan 15 medali emas, delapan perak, dan enam pe­runggu.

“Alhamdulillah, kita tak hanya sebagai tuan rumah yang baik dan sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga berhasil menjadi juara umum,” kata Ketua Panpel Ke­juaraan Jefry Darmadi.

Jefry mengungkapkan apr­esiasi kepada para peserta yang telah ambil bagian dalam kejuaraan yang berlangsung empat tahun sekali itu.

Dia mengharapkan para atlet dapat terus menjaga sportivitas dan meningkatkan prestasi di kancah internasi­onal lainnya.

“Semula ada 18 negara yang mendaftar, namun akhirnya 16 negara dengan total 500 lebih karateka yang ambil bagian. Seluruhnya ada 93 nomor yang dipertandingkan, dan karateka Indonesia menjadi yang terbaik kali ini,” ujarnya.Presiden IKGA Internasional Saiko Shihan Goshi Yamaguchi berharap kesuksesan penye­lenggaran di Indonesia ini bisa juga digapai di Filipina yang menjadi tuan rumah pada 2019 nanti.

(antara/ Imam)