soccer-england-cry-mun_ukxkzuWayne Rooney melanjutkan penampilan impresifnya saat Manchester United menyam­bangi markas Liverpool pada pekan ke-22 Liga Primer Inggris di Anfield, Minggu (17/1/2016). Wazza menjadi penentu ke­menangan The Red Devils lewat golnya di menit ke-78.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Ini merupakan kemenangan penting bagi kubu ‘Setan Merah’ sekaligus menghindarkan Manajer Louis van Gaal dari pemecatan. Sementara bagi The Reds, kekalahan ini semakin menyulit­kan mereka untuk merangkak naik ke pa­pan atas klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Liverpool sebenarnya mendominasi per­tandingan dengan tembakan 19 berbanding 7. Shots on target The Reds pun jauh lebih baik ketimbang United, yakni 4 banding 1. Namun, penampilan apik David de Gea mampu meredam sundulan Adam Lallana, James Milner, Jordan Henderson dan perger­akan liar Emre Can.

MU yang jarang mendapatkan peluang, punya kesempatan pada menit ke-55. Akan tetapi, sepakan Anthony Martial masih me­lenceng.

De Gea melakukan penyelamatan gemi­lang pada menit ke-66. Dia menepis bola ha­sil tembakan keras Emre Can dari luar kotak penalti, kemudian menghalau sepakan Fir­mino beberapa saat kemudian.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thailand Open 2024

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke- 78. MU memimpin 1-0 lewat gol Rooney. Be­rawal dari situasi sepak pojok, umpan silang Juan Mata disundul Marouane Fellaini, tapi mengenai mistar. Rooney menguasai bola rebound dan tembakan volinya menjebol ga­wang Simon Mignolet.

Di sisa waktu, Liverpool berupaya me­nambah daya gedornya dengan memasuk­kan Christian Benteke dan Steven Caulker. Namun, usaha mereka mencetak gol penya­ma tak membuahkan hasil.

Penampilan apiknya saat melawan Liv­erpool, membuat De Gea ingin terus mem­berikan yang terbaik bersama Old Trafford Gank. Ia pun tak ragu untuk menjadi kiper terbaik dunia suatu saat nanti dan membawa The Red Devils menjuarai berbagi trofi.

“Saya berlatih keras setiap hari untuk menjadi yang terbaik dunia. Itu tujuan saya. Saya tidak tahu siapa yang terbaik saat ini, tapi saya ingin mencapai level itu. Selain itu, saya ingin memberikan trofi bagi Man­chester United,” terang De Gea kepada Sky Sports.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

“Awal karier saya di sini sangat sulit. Ada momen saat saya berpikir bahwa Inggris bu­kanlah tempat yang tepat untuk saya. Saya ingin kembali ke Spanyol. Tapi saya bekerja keras di gym dan di lapangan.”

Eks gelandang Arsenal, Paul Merson mengungkapkan, kekalahan ini membuat peluang The Reds menutup musim di em­pat besar klasemen telah tertutup. “Mereka merekrut Klopp dengan dukungan dari para fans. Orang-orang banyak membicarakan soal dirinya yang merupakan salah satu manajer terbaik di sepakbola. Saya belum melihat apapun. Mereka tak menunjukkan peningkatan sama sekali sejak ditinggalkan Rodgers. Jika mereka kalah dari United mer­eka bisa mencoret peluang mereka untuk masuk ke empat besar karena (perolehan poin) mereka tertinggal begitu jauh,” terang eks pemain Arsenal ini.

Saat ini, Liverpool mengoleksi 31 poin dan duduk di peringkat 9 dari 21 pertandin­gan. Sementara itu tim yang ada di peringkat empat, Tottenham, mengoleksi 39 poin dari 22 laga.

(*/Net)

============================================================
============================================================
============================================================