20160120_115149Mau makan bakso Malang enak seperti di Kota Malang? Datang saja ke Ke­dai Bakso Geledak di Pintu Utara Pasar Bersih Sentul City, Kabupaten Bogor. Di tempat ini, pelanggan akan mendapatkan suguhan bakso Malang yang segar, gurih tetapi tidak bikin belenger.

‘’Baksonya terbuat dari daging sapi segar. Kami selalu mengutamakan bah­an-bahan yang berkualitas agar rasa bak­sonya lebih gurih,’’ kata Manager Bakso Geledek Rina kepada Bogor Today di Pas­ar Bersih Sentul City, Rabu (20/1/2016).

Jenis bakso yang disajikan sama den­gan bakso Malang pada umumnya. Pilihan­nya antara lain bakso urat, bakso halus, siomay, tahu, gorengan. Bagi yang suka memakan bakso dengan campuran karbo­hidrat ada mie, bihun, atau nasi.

Harga bakso bukan per­mangkok seperti di kedai-kedai bakso yang biasanya, tetapi perbiji. Bakso halus, misalnya dibanderol Rp 5.000 perbuah. Begitu juga bakso urat, tahu, siomay, gorengan, mie, bihun, dan nasi dihargai Rp 5.000. ‘’Harganya me­mang agak mahal karena segmen yang mau kita bidik menengah atas,’’ kata Rina.

BACA JUGA :  135 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti ‘UMKM Naik Kelas’

Soal rasa jangan diragukan. Rasa daging pada bakso halus atau bakso urat benar-benar berasa daging murni seperti tak ada campuran kanji atau terigu. Selain rasa dagingnya begitu kuat, juga sangat lembut dan mudah dikunyah. ‘’Tepung yang kita gunakan untuk campuran sanga sedikit, hanya sekedar untuk merekatkan daging yang sudah halus digiling,’’ kata Rina, ‘’Jadi, campurannya tak mengganggu dan mengu­rangi rasa dagingnya,’’ tambah dia.

Selain itu, kuah bakso yang digunakan di Kedai Bakso Geledek adalah air kaldu hasil rebusan tulang sapi. Karena itu, meski tidak menggunakan penyedap rasa, kuah bakso di Kedai Bakso Geledek sangat gurih dan nikmat. Warna kuahnya pun sedikit agak keruh karena bercampur dengan rebusan daging yang men­empel pada tulang sapi dan sumsum.

Meski baru buka satu bulan, Bakso Geledek sudah mulai dicari konsumen. Pa­dahal, pemilik bakso ini belum melakukan promosi secara serius, baru menggunakan spanduk yang dipasang di bagian muka area Pasar Bersih Sentul City. Namun karena rasa baksonya istimewa, maka menjadi cerita dari mulut ke mulut. ‘’Saya tinggal di Bo­gor di daerah Kedung Halang. Ke sini untuk makan bakso karena dengar cerita dari teman, katanya baksonya enak,’’ kata Liani, ‘’Ternyata memang benar, baksonya enak banget,’’ tambahnya.

BACA JUGA :  135 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti ‘UMKM Naik Kelas’

Selain bakso, Kedai Bakso Geledek juga menyediakan roti bakar aneka rasa cokelat, cokelat keju, susu gula, nuttela keju, roti bakar selai strawberry, nanas, srikaya, ka­cang, roti bakar selai nuttela, dan roti bakar pisang keju cokelat. ‘’Kami menggunakan roti khusus yang hanya dijual di daerah Ja­karta Kota,’’ katanya.

Roti yang digunakan memang agak ber­beda dengan yang digunakan para peda­gang roti bakar pada umumnya. Selain lem­but, roti di Kedai Bakso Geledek ini lebih padat namun sangat empuk. Kelezatannya akan lebih terasa jika dimakan dengan kopi panas atau teh panas pada sore hari. Pena­saran? Silakan coba sendiri…!

(Hesti Amelia)

============================================================
============================================================
============================================================