HL-(1)TAK banyak sanggar kesenian yang menggelar kegiatan untuk mewadahi para pelaku dan pecinta seni yang ada di Kota Bogor. Sadar Bogor memiliki kebudayaan yang cukup besar, Sanggar Isjwara akan menggelar pagelaran mewah bertajuk ‘Gelar Seni Budaya Daerah 2016’. Kegiatan yang sudah rutin dilakukan selama dua tahun sejak 2015 ini juga melibat­kan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor.

Oleh : Latifa Fitria | Rudi Irawan
[email protected]

Kegiatan ini sebagai sarana bagi apresiasi, pelestarian dan pengembangan budaya Indo­nesia, dari dan untuk segala usia dan semua kalangan. Didalamnya juga terdapat program pengabdian ma­syarakat dan kajian lebih komprehen­sif mengenai manfaat bagi pelaku dan penikmat seni.

Pimpinan Sanggar Isjwara, Putut memaparkan jika kegiatan ini sudah dua kali di lakukan, rencananya untuk tahun kedua ini akan di gelar mulai dari 30-31 Januari 2016. Ada yang istimewa di tahun ini, pasalnya Sanggar Isjwara akan memberikan persembahan yang lebih besar lagi dibandingkan tahun lalu. Para pemenang lomba juga tidak hanya membawa pulang sertifikat dan penghargaan saja, nantinya ada uang tunai Rp 19 juta bagi pemenang sebagai kadedeuh dari penyelenggara.

BACA JUGA :  Cari Wawasan Soal Perguruan Tinggi, Pelajar SMAN 10 Bogor Kunjungi UGM

“Rencananya hari pertama agenda di gelar di Mall Botani Square meliputi lomba tari tradisional kategori SD (kelas 1-3, 4-6), SMP, SMA dan sanggar-sanggar tari lainnya. Rangkaian acara akan menghadir­kan Ibu Wa­likota Bogor, Yane Ard­ian Sugiarto, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bogor, Lucky Wi­jayanti dari Institute Kesenian Jakarta (IKJ) dan Sanggar Isjwara, den­gan tema ‘Seni, Khusus nya tari, dan Relevansinya untuk kecerdasan anak dan Kesehatan’, yang akan di pandu oleh Vera Damayanti, alumni Program Pertukaran Ma­hasiswa Indonesia – Australia,” papar Putut saat dite­mui di sekre­tariat Sanggar Isjwara yang berada di Ja­lan Pandu Raya Nomor 143 (diatas Resto Mbakyu Sri), Kelurahan Bantarjati, Ke­camatan Bogor Utara, Kota Bogor.

BACA JUGA :  Cari Wawasan Soal Perguruan Tinggi, Pelajar SMAN 10 Bogor Kunjungi UGM

Setelah itu dihari kedua, acara akan di gelar di Gedung Kemuning Gading (belakang kantor DPRD Kota Bogor), meliputi kegaiatan workshop tari, bazaar dan dihibur dengan per­tunjukkan kesenian lainnya.

“Workshop tari ini terbuka un­tuk umum dan tidak dikenakan biaya. Workshop Tari akan dimulai jam 08.00 – 12.00 WIB. Kemudian peserta workshop akan melakukan persiapan untuk pre­sentasi (pentas) hasil workshop. Peserta workshop akan mendapatkan sertifi­kat dan peserta workshop masksimal 20 peserta. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi (Putut/ 0817866358 dan Santi/081281438771),” tambahnya.

Puncak acara, masih kata Putut, pagelaran tari merupakan acara pun­cak dari rangkaian Gelar Seni Budaya 2016, dengan menampilkan penari pentolan Isjwara Bogor, Puri Saras Bintaro, Sanggar Ragam Budaya Nus­antara Tangerang Selatan, Sanggar Ge­tar Pakuan Bogor, Nani Topeng Losari Cirebon, dan Chiva Production Jakarta. Informasi dan pemesanan undangan (Fitri/ 081289909653). (*)

============================================================
============================================================
============================================================