ipbBOGOR TODAY – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidi­kan Tinggi (Kemeristek Dikti) bakal meluncurkan 60 ribu program paket Bidik Misi tahun akademik 2016/2017, pekan ini.

“Akan segera kami luncurkan 60 ribu beasiswa bagi maha­siswa berprestasi yang kurang beruntung dalam hal finansial,: ujar Kasubdit Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Dirjen Dikti, Widyo Winarso, Jumat (22/1/2016).

Ia melanjutkan, besaran bea­siswa yang diterima mahasiswa sebesar Rp 12 juta per tahun. Ini sama dengan Rp 6 juta setiap satu semester dengan rincian Rp 3,6 juta untuk biaya hidup dan Rp 2,4 juta biaya kuliah.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 18 Mei 2024

Ia mengakui, pihaknya sudah mengusulkan kenaikan bantu­an beasiswa Bidik Misi ke DPR RI untuk biaya hidup sebesar Rp 1 juta per bulan untuk satu mahasiswa. Namun, usulan ini ditolak dan besaran beasiswa ti­dak berubah sejak pertama kali diluncurkan.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 14 Mei 2024

“Mahasiswa penerima Bidik­misi harus mampu menuntas­kan pendidikannya tepat wak­tu. Jika menempuh program sarjana (S1), mahasiswa wajib lulus dalam waktu empat ta­hun. Sedangkan yang tidak ada pendidikan profesinya, setelah empat tahun biaya dari Dikti otomatis terputus,” jelasnya.

Menurutnya, perguruan tinggi di Pulau Jawa, terutama swasta harus memiliki akredi­tasi A yang bisa menerima ma­hasiswa Bidik Misi, sedangkan di luar Jawa diperbolehkan ter­akreditasi B.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================