553a011da81bb717168b4567JAKARTA, TODAY — Asosiasi Pen­gelola Reksa Dana Indonesia (APR­DI) punya target jangka panjang, hingga tahun 2017 jumlah investor reksa dana di Indonesia bisa men­capai 5 juta orang.

“Kita punya roadmap investa­si, hingga 2017 bisa capai 5 juta investor. Sekarang baru 250 ribu. Masih jauh dari target, tapi pelu­angnya sangat besar karena ma­syarakat Indonesia ada 250 juta,” ujar Ketua Umum APRDI Denny R Thaher, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/1/2015).

Meski peluangnya masih terbuka lebar, namun menurutnya mencapai target tersebut bukan perkara mu­dah mengingat cara pandang orang Indonesia yang kebanyakan belum berorientasi pada investasi jangka panjang. “Masyarakat Indonesia ma­sih kebanyakan bersifat saving. Ada uang disimpan dulu baru investasi atau seperti deposito,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Bangkalan, Truk Tabrakan dengan Motor Ditumpangi Satu Keluarga

Hal lain yang membuat keban­yakan orang Indonesia masih belum mau masuk ke dunia investasi karena adanya anggapan bahwa investasi itu untuk orang kaya yang ingin mem­perbesar uangnya.

“Padahal kalau lewat reksa dana, justru investasi bisa mem­bantu mereka yang belum kaya, mereka yang masih memiliki ban­yak kebutuhan,” sambungnya.

BACA JUGA :  Warga Desa Cemplang Bogor Diteror Maling, Satu Bulan 5 Kali Aksi Pencurian

Untuk itu, pihaknya terus men­gupayakan bukan hanya sosoal­isasi dan edukasi, tapi juga menye­diakan produk-produk investasi yang sederhana dan mudah dijang­kau oleh masyarakat.

“Misalnya pelan-pelan kita ingin bisa jual reksa dana di minimarket, pelan pelan kesana. Banyak hal yang bisa dilakukan, saya setuju reksadana beli di mana saja. Tapi pertama yang harus diperkuat tenaga penjualnya dulu. Harus berlisensi,” beber dia.

Dengan cara tersebut, diharap­kan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengenal dan mau terjun untuk langsung berin­vestasi.

(dtc)

============================================================
============================================================
============================================================