IMG_1645KOMUNITAS Mahasiswa Bogor Unpad (KMBU) kembali mengajak anak-anak SMA mengikuti simulasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jelang penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017. Mengusung tema ‘Unpad Goes To School & Tryout SBMPTN 2016’, ribuan siswa SMA tergiur mengikuti simulasi yang telah digelar tujuh tahun belakangan yang pada tahun ini SMAN 6 Bogor menjadi tuan rumah.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Ketua Panitia Unpad Goes To School, Dwira Adikarsa Bumi ,menerang­kan rangkaian kegiatan tidak hanya sekedar tryout saja, beberapa stan disiapkan oleh masing-masing perwakilan fakultas Unpad, agar peserta yang hadir dapat berkon­sultasi langsung mengenai jurusan yang sudah mereka bidik.

Unpad sendiri membuka quota sekitar delapan ribu penerimaan mahasiswa baru baik SMNPTN juga SBMPTN untuk semua jurusan. Ke­mungkinan di tahun 2016 ini akan ada penambahan quota. Mahasiswa yang ber­asal dari Bogor sendiri selalu bertambah setiap tahunnya, sekitar sepuluh persen atau 800 orang penambahan siswi asal Bogor tercatat di kampus Unpad.

Tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan kampus Unpad sendiri, kemudian in­gin mengajak mereka untuk ikut meramaikan SBMPTN karena ini yang paling pent­ing bagi mereka yang akan mengikuti SBMPTN secara nasional.

BACA JUGA :  SBR 'Manifesting The Future', Pamerkan Karya Seni Siswa Penuh Filosofi

“Kami mengingatkan ke­pada semua adik-adik yang segera menghadapi SBMPTN agar tetap semangat, jangan putus asa dan terus meng­gapai universitas yang kalian inginkan,” kata dia kepada BOGOR TODAY beberapa waktu lalu.

Sekitar 1.300 peserta, sambungnya, dari seluruh sekolah baik Kota dan Ka­bupaten Bogor yang hadir dalam kegiatan ini. Sebelum­nya, KMBU sendiri melaku­kan roadshow ke 27 sekolah yang ada di seluruh wilayah Bogor, kemudian di akhiri pada puncak acara dengan membuat tryout akbar sep­erti ini.

“Tujuan kami untuk memperkenalkan Unpad dan KMBU kepada mereka, selain itu juga ini untuk mel­atih kesiapan mereka jelang SBMPTN. Apalagi waktunya sudah tidak banyak, hanya tinggal menunggu hitungan minggu saja. Jadi saya ha­rap sedikit banyak tryout ini dapat membantu mereka,” urai mahasiswa Unpad Band­ung, Fakultas Hukum angka­tan 2014 ini.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Senada dengan Dwira, humas acara Unpad Goes To School, Andia menam­bahkan jika kegiatan acara juga tak hanya diisi dengan tes dan sosialisasi saja. Pa­nitia juga mengemas acara dengan kegiatan hiburan musik agar kegiatan tryout tidak terkesan tegang. “Kita undang beberapa band dan perlombaan untuk meng­hibur supaya tidak terlalu membosankan, selain itu ada beberapa tenan anak-anak muda, buku-buku panduan SMBPTN dan SNMPTN yang disediakan disini,” katanya.

Salah satu peserta tryout, Alita Dantrie mengaku dirin­ya berencana akan melanjut­kan pendidikan perguruan tinggi di Unpad dengan men­gambil Fakultas Manajemen. Alita menyadari dirinya memiliki ribuan pesaing se- Indonesia untuk bisa masuk ke perguruan tinggi favor­itnya itu, oleh karenanya ia mempersiapkan diri dengan mengikuti tryout yang dibuat oleh KMBU ini.

“Memang niat saya ma­suk ke Unpad, rencanan­ya mau masuk Fakultas Manajemen. Jadi tidak ada salahnya saya ikut tryout dan sekalian mengenal Un­pad lebih dalam lagi disini,” ujar siswi IPS SMAN 1 Kota Bogor ini. (*)

============================================================
============================================================
============================================================