Untitled-1Ingin melihat warisan mulia Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia kita? Datang saja ke Jalan RE Martadinata Ciwaringin, Kelurahan Cibogor, Kota Bogor. Persis di pojok ujung jalan itu, tepatnya di trafic light terdapat sebuah gedung peninggalan Belanda yang sudah menjadi cagar budaya. Inilah Perguran Taman Siswa Kota Bogor yang sudah berdiri tegak sejak 1933.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Umur Perguruan Taman Siswa di Bogor sudah sangat tua. Mungkin ini sekolah formal yang paling tua,’’ kata Wakil Kepala SMP Perguruan Taman Siswa Agus Sutarman yang menerima Tim Bogor Hejo dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono untuk tanam pohon buah di halaman Taman Siswa Bogor, Selasa (2/2/2016).

Agus mengaku sangat senang SMPN Taman Siswa dijadikan tempat penanaman pohon. Meski daerah di lingkungan sekitar itu masih relatif banyak pohon besar, namun di tepi halaman Perguruan Taman Siswa masih perlu ditambah beberapa pohon, terutama pohon buah yang kelak sangat bermanfaat bagi warga. Agus juga berharap Pemda kota Bogor membantu Perguruan Taman Siswa dalam melengkapi sarana dan prasarana pendidikannya.

BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan ala Perempuan Jepang dengan 5 Kebiasaan Ini

Heri Cahyono yang giat memperkenalkan aneka jenis pohon buah di kalangan pelajar dan guru, selalu semangat memberikan penjelasan dan juga membagi-bagi hadiah bagi mereka yang bisa menebak nama pohon. Cara ini cukup efektif merangsang anak-anak dan para guru untuk mengingat-ingat nama aneka pohon.

Hadiah-hadian yang diberikan di sekolah-sekolah tersebut diperoleh Tim Bogor Hejo dari para donatur dan pecinta lingkungan hidup seperti Linda Kristanti Nussy SH dari Bank BRI Dewi Sartika, Ketua Hipmi Kota Bogor Ir Muzakkir, pengusaha H. Rudi Jamaludin, Ketua DPRD Kota Bohor Untung W Maryono, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, dan lain-lain. ‘’Kami ingin anak-anak senang dan bergembira,’’ kata Ketua Bogor Hejo Alfian Mujani.

BACA JUGA :  Resep Rendang Kentang untuk Menu Makan Bareng Keluarga Dijamin Bikin Nagih

Sementara Heri Cahyono dengan gaya khasnya, mengangkat tinggi-tinggi bibit pohon, meminta para siswa-siswi SMP Taman Siswa untuk mengacungkan tangan dan maju ke depan jika tahu nama pohon yang dia bawa. ‘’Ayo siapa yang berani maju dan tahu nama pohon ini akan diberi hadiah,’’ kata Heri.

Tak terlalu banyak pelajar SMPN Taman Siswa yang mengacungkan tangannya. Tetapi mereka rata-rata tahun nama pohon yang dibawa dan ditunjukkan Heri. Lima orang anak mendapatkan hadiah berupa dua tempat pensil, satu payung, dua gelas cantik dari Bank BRI. (*)

============================================================
============================================================
============================================================