Untitled-1Keakraban warga perumahan Bogor View I, RT05/02, Jalan Raya Semplak No.161, Bogor Barat, Kota Bogor patut ditiru. Selain rukun dan guyub, mereka juga melibatkan anak-anak dalam kegiatan metanam pohon bersama Alumni Fahutan IPB Angkatan 28, RAPI, dan Surat Kabar Harian Bogor Today. Ini cara efektif untuk mengenalkan lingkungan sejak dini kepada anak-anak.

HENDI NOVIAN
[email protected]

Perumahan yang dihuni 103 Kepala Keluarga, sebagian besar warganya bekerja di berbagai perusahan di Jakarta. Tetapi di tengah kesibukan rutinitasnya itu, mereka tetap memiliki kepedulian terhadap kelestarian alam di lingkungan tempat tinggalnya. Ini tampak ketika memasuki area perumahan ini, lingkungannya asri dipenuhi pepohonan yang hijau. Di pemukiman ini juga terdapat delapan fasilitas umum diantaranya ruang serbaguna, taman bermain, taman hijau warga tempat berkumpulnya sebagian besar warga untuk bercengkrama setiap harinya.

Minggu, (07/02) tepat pukul 07:00 WIB, warga berbondong bondong memadati lapangan, tak jauh dari ruang serbaguna. Kedatangan warga tersebut untuk menanam 90 jenis bibit pohon buah-buahan.

Ketua RT 05/02. Ahmad Taufik mengaku merasa sangat terhormat meski baru menjabat sebagai Ketua RT namun antusias dan kerjasama warga sangat besar mengikuti kegiatan tanam pohon. Taufik berpesan kepada warga agar kegiatan tanam pohon bisa terus berlanjut, tidak hanya sekedar seremonial semata. “Aktifitas ini harus terus dilanjutkan, jangan berhenti sampai di sini. Karena dengan menanam kita sudah memberikan pendidikan kepada anak cucu agar bisa menjaga lingkungan dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, Pelajar SMA di Brebes Tewas usai Terlindas Dump Truk

Taufik, bersama warga saat ini sedang gencar mengkampanyekan peduli lingkungan dengan selogan “Go Green Life Style“ Dia bersama warga terus membangun kebersamaan dengan seringnya mengadakan kegiatan sosial, seperti, santunan anak yatim, pengajian, dan kerja bakti.

Senada dengan Taufik, Sekertaris RT 05/02, yang juga salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor. Amin, mengatakan, warga perumahan Bogor View I memang gencar mengkampanyekan lingkungan sehat dengan menghijaukan area rumah tinggal satu pohon satu rejeki, satu pohon satu oksigen

Bagi Amin, mudah saja untuk mengetahui lingkungan kita sehat atau tidak. Cukup dengan mengamati lingkungan sekitar. “Jika ada burung yang turun di tempat tinggal kita, itu menandakan lingkungan kita masih bersih,’’ kata Amin.

Sebelumnya Ketuga Gerakan Menanam Alumni Fahutan 28 Hari Priyadi menjelaskan pentingnya menanam pohon di lingkungan terdekat tempat tinggal guna memperbaiki udara. Kegiatan ini harus digerakan secara masif agar Kota Bogor bisa kembali sejuk.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono meminta kepada warga agar berperan aktif dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Bagi dia, sejuta program pemerintah hanya akan menjadi sampah jika warga tak ikut berperan aktif dalam menjaga lingkunganya. “Walikota hanya sebagai pemimpin, kepedulian wargalah yang menjadi ujung tombak keberhasilan setiap program yang dimiliki pemerintah. Seperti agenda tanam pohon ini, selain untuk menghijaukan lingkungan juga diharapkan bisa merangsang warga untuk terus menanam,’’ pungkas Heri.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Sebelum menanam pohon dilakukan, anak-anak di perumahan Bogor View1 menyuguhkan puisi cantik. Mutiara Jihad Arafah yang akrab disapa Ara, membacakan puisi dengan penuh penghayatan dan membuah hadirin tertegun. Berikut puisinya:

Ada satu amalan penting sehingga harus tetap dilaksanakan meskipun peristiwa kiamat sudah terjadi, amalan tersebut adalah menanam pohon.

Menanam pohon juga menjadi sedekah berkelanjutan selama pohon itu masih ada, bahkan juga dilanjutkan oleh benih-benih yang tumbuh dari pohon hingga hari kiamat.

Peristiwa kiamat yang sesungguhnya belum terjadi, tetapi kita sudah begitu sulitnya menanam pohon. Apa kendalanya?

Apakah, orang sibuk mencari uang, sibuk membeli baju bagus, sibuk membeli kendaraan mewah. Namun lupa dengan hal penting bahkan jika dia lima menit saja tidak menghirupnya maka dia akan mati. Oksigen, orang tidak malu bernafas dengan oksigen gratis.

Maka pada minggu (07/02) saya bersama anak-anak Perumahan Bogor View I, ucapkan beribu terimakasih kepada orang tua yang masih perduli akan gerakan menanam pohon, sehingga memberikan secercah harap bagi kami dimasa depan

Terimaksih bapak, terimakasih ibu jasa mu tidak akan kulupakan.

Para relawan tanam pohon juga disuguhi acara lomba mewarnai yang diikuti anak-anak perumahan Bogor View 1 di Gedung Serbaguna. Selain itu para relawan bersama warga juga menandatangani Pakta Integritas Go Green Life Style. Di ujung acara Heri Cahyono dan Hari Priyadi berkesempatan memberikan hadiah kepada anak-anak yang menjuarai lomba mewarnai.

============================================================
============================================================
============================================================