Logo-Enha-RefisiEnha.Biz adalah jasa pembua­tan toko online yang dikelola oleh Netty Herawati. Ia adalah GM Marketing My Healthy Yoghurt. Metode pemasaran yang ditempuhnya dengan sistem online menjadikan My Healthy Yoghurt berkem­bang pesat.

Saat ini ia mengelola lebih dari 100 agen aktif dan reseller dengan sistem pemasaran onlinenya. Teknik utama yang digunakannya adalah dengan opti­masi website menggunakan Search En­gine Optimization (SEO) yaitu bagaimana website yang kita miliki bisa berada di halaman pertama google dengan key­word yang banyak dicari orang melalui pengetikan di search engine. ‘’Jika web­site telah berada di halaman 1 google apalagi ranking 1 google maka kita tidak perlu repot promosi, konsumenlah yang akan datang menghubungi kita untuk membeli produk kita,’’ kata Netty.

Netty juga adalah seorang PNS di Pemkot Bogor yang saat ini menjabat se­bagai Kepala Seksi Pemerintahan di Ke­lurahan Empang Bogor Selatan. Walau­pun bekerja sebagai PNS, Netty mampu menjalankan bisnis online yoghurt dan memperoleh omset perbulan Rp. 1 miliar.

Pengalamannya sebagai internet mar­keter bagi produk My Healthy Yoghurt membuatnya berfikir bahwa sebenarnya UKM yang ada termasuk UKM di Kota Bogor bisa juga meraih sukses dengan membuka pasar tanpa batas di internet dengan Bisnis Toko Online. Keinginan­nya untuk membantu masyarakat dan UKM untuk menjadikan internet sebagai peluang usaha akhirnya membuka usaha jasa pembuatan website yang bernama enha.biz, yang bisa diakses di http:// enha.biz.

Bisnis online adalah bisnis yang di­jalankan secara online di internet. Prin­sipnya sama dengan bisnis offline, ada produk atau jasa yang dijual supaya bisa menghasilkan uang. Bedanya bisnis di­jalankan secara online di internet, pema­sarannya juga dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat dari internet.

Ada lima alasan mengapa bisnis Anda harus go online yaitu, fakta pengguna in­ternet meningkat pesat, jangkauan pasar luas dan global, sistem bekerja otomatis, toko buka 24 jam setiap hari, modal kecil dan promosi murah.

“Faktanya pengguna internet terus meningkat. Lebih dari 80 juta penduduk Indonesia menggunakan internet na­mun, pemilik toko online masih sedikit, ini berarti masih terbuka peluang yang besar untuk menjalankan bisnis toko on­line,” ungkap Netty kepada Bogor Today.

Enha.biz hadir memberikan solusi untuk kebutuhan media promosi online Anda. “Anda siap berjualan online tanpa harus mengerti bahasa pemograman ataupun memilki kemampuan design yang tinggi untuk memiliki toko online. Kami siap membantu mengembangkan bisnis online Anda. Cukup pilih nama toko dan design template yang telah disediakan. Toko Anda siap online dan diakses oleh seluruh pelanggan Anda,” jelasnya.

Fitur layanan yang diberikan Enha. Biz yaitu domain, sub domain, band­with, space, email accont, site builder, perpanjangan, setting seo, design, page design, suitable for, dan time process selama 14 hari. Harganya mulai dari Rp. 750.000 (basic) sampai Rp. 2.000.000 (enterprise). “Saatnya onlinekan bisnis anda. Apapun produknya, apapun bis­nisnya, internet marketingnya… Saya juga menerbitkan buku yang berjudul dahsyatnya bisnis online. Buku tentang tutorial untuk roadmap sukses bisnis on­line buat pebisnis online pemula.” pung­kasnya.

(Hesti Amelia)