BOGOR, Today – Sebanyak 32 sekolah yang terdiri dari 16 SMP dan 16 SMA se-Kota Bogor, mengikuti putaran final Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Ke-XXV Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bogor, Sabtu (13/2/2016).

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman secara resmi menutup lomba baris berbaris yang dige­lar Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bogor, menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang rutin dilaksanakan sebagai salah satu wadah silaturahmi dan unjuk kebolehan bagi paskibra sekolah-sekolah di Kota Bogor. “Dalam lomba ini banyak terkandung nilai-nilai luhur yang dapat diserap bagi para siswa peserta lomba maupun bagi pihak lainnya, nilai luhur tersebut adalah nilai kedisiplinan dan kebersamaan. Mu­dah-mudahan para siswa dapat mengaplikasikan­nya dalam kehidupan sehari-hari,” cetus Usmar.

Ditengah kondisi dan keprihatinan para siswa yang melanda para pelajar Kota Bogor di­mana berdasarkan rilis kepolisisan Kota Bogor, angka tawuran meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. “Berbagai upaya dilakukan agar para pelajar Kota Bogor terselamatkan dari efek negatif dan mampu menjadi siswa terbaik. Disdik dan kanpora serta pihak lain, bahu mem­bahu mereduksi tawuran dan efek negatif dari pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkoba dengan menggelar kegiatan positif yang sifat­nya konstruktif yang mampu menangkis dan menghindari generasi muda dari ekses negatif pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba,” kata Usmar.

BACA JUGA :  Pemkot Bogor Perkuat Kualitas UKS di Seluruh Sekolah, Tingkatkan Kesehatan dan Mutu Pendidikan

Dengan kebersamaan yang tinggi dan mem­biasakan diri dalam pelatihan kedisiplinan dan kebersamaan, akan muncul generasi muda yang kompeten dalam segala bidang. Tidak ketingga­lan Usmar menyampaikan pesan,”Untuk yang kalah jangan putus asa teruslah berusaha dan bagi pemenang pertahankan serta terus evalu­asi diri dan berinovasi.” Usmar pada kesempa­tan ini didampingi Kepala Kanpora Kota Bogor, Wakapolresta, Kabidikmen dan Kepala SMAN 6 Kota Bogor.

Hal serupa diungkapkan Ketua PPI Kota Bo­gor, Muhammad Sajidin dalam upacara penu­tupan menyampaikan kegiatan ini adalah rutin dalam rangka memberikan semangat dan in­spirasi bagi seluruh pelajar Kota Bogor dalam menciptakan insan yang dapat memberi man­faat dan berkontribusi positif bagi diri sendiri, keluarga, institusi pendidikan dan lingkungan. “Kami berharap para siswa di Kota Bogor dapat menyalurkan tenaga, bakat dan minatnya me­lalui berbagai wadah positif, baik yang sifatnya perlombaan, olahraga maupun komunitas sosial kemasyarakatan contohnya BogohKaBogor,” tu­tur Sajidin.

BACA JUGA :  Sosialisasikan PPDB 2024, DPRD Kota Bogor Buka Posko Pengaduan

LKBB Ke-25 PPI Kota Bogor, sebelumnya melaksanakan babak penyisihan pada tanggal 8 dan 9 Februari 2016 di hall A GOR Pajajaran Kota Bogor. Pada putaran final, untuk juara tingkat peringkat pertama sekaligus juara umum kembali direbut SMA N 6 Kota Bogor, terbaik ke-2 diraih SMA N 1 Kota Bogor dan juara ketiga disabet SMA N 2 Kota Bogor. Untuk juara harapan 1, SMK N 3 Kota Bogor berhasil meraihnya disusul SMA N 3 Kota Bogor dibawahnya. Sedangkan untuk formasi dan komandan terbaik, kembali para siswa SMA N 6 Kota Bogor menghadirkan prestasi namun gelar MC terbaik menjadi bagian SMK N 3 Kota Bogor.

Jejak SMA N 6 Kota Bogor berhasil diikuti SMP Rimba Teruna Kota Bogor yang berhasil me­nyabet juara pertama sekaligus juara umum atas keberhasilannya meraih formasi terbaik. Untuk terbaik kedua diraih SMP Al Ghazali Kota Bogor dan disusul SMP N 9 Kota Bogor sebagai juara ketiga. Untuk harapan 1 dan 2,masing-masing diraih SMP N 8 dan SMP N 2 Kota Bogor. Untuk predikat MC terbaik, SMP N 1 Kota Bogor berha­sil meraihnya dan SMP N 7 Kota Bogor berhasil meraih komandan terbaik.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================