4G-logoTidak jarang orang yang belum mengetahui arti dari ikon jaringan pada teleponnya, Inilah Arti Dari Simbol yang Sering Muncul di Atas Bar Sinyal Handphone

Oleh : Ananda Nasution
[email protected]

BERIKUTNYA ada jaringan dengan simbol H. H ini berarti HSPA atau High Speed Packet Access dan ia menggunakan teknologi yang sama dengan 3G. Kecepatannya semakin oke lho, hingga 7.2 Mbps. Beruntungnya, teknologi ini juga kini telah diadopsi oleh banyak sekali negara, mem­buatnya menjadi salah satu jaringan terpopuler di dunia.

TAHUKAH kamu bahwa jaringan bernama 3G ini sebenarnya sudah tersedia secara komersial di negara lain jauh-jauh hari sebelum bisa kita nikmati di Indonesia? Negara pertama yang mengimplementa­sikan 3G ialah Jepang pada tahun 2001. Jaringan mutakhir ini ialah jaringan pertama yang sanggup untuk mendukung aktivitas mobile internet browsing seperti sekarang ini. Kecepatan maksimalnya men­capai 384 kbps dan ia menggunak­an teknologi dasar bernama UMTS atau Universal Mobile Telecommu­nication Service.

SEBAGAI pembuka dari list kita kali ini, ada 2G yang dulu men­jadi primadona selama tahun 90-an hingga detik ini. 2G pertama kali diperkenalkan di tahun 1991 dan merupakan teknologi yang menyalurkan layanan data seperti SMS dan MMS. Sinyal dengan kecepatan transfer 50 kbps ini juga menjadi yang pertama kali berwujud digital, dari yang sebelumnya berupa analog (1G).

BACA JUGA :  Bejat, Perkosa Anak Kandung dari Kelas 3 SD hingga Lulus SMA, Ayah di Taput Ditangkap

SELAIN ada H, kamu juga sering menemukan tanda H+ di sudut layar kan. Tanda ini berarti HSPA+ atau Evolved High Speed Pack­et Access. Ada lima generasi untuk jaringan ini, yaitu:

Release 6: 14.4 Mbps

Release 7: 21.1 Mbps

Release 8: 42.2 Mbps

Release 9: 84.4 Mbps

Release 10: 168.8 Mbps

Melihat revisi dan fleksibilitas layanannya yang oke, jaringan ini menjadi alternatif paling mantap sebelum orang-orang mer­ambah teknologi 4G yang measih terbatas dalam hal infrastruktur.

SIMBOL G berarti GPRS atau General Packet Radio Service. Ia mulai digunakan secara luas semenjak tahun 2000 dan mendapat nama tidak resmi dari masyarakat yaitu 2.5G. GPRS menjadi salah satu tonggak dari generasi mutakhir jaringan karena menjadi ja­ringan pertama yang selalu menyala tanpa henti. Sayangnya, ke­cepatannya pun masih dinilai lambat karena ia hanya dapat men­girim data maksimal secepat 114 kbps.

BACA JUGA :  Tolak RUU Penyiaran, Jurnalis Bogor Gelar Aksi Teatrikal 'Badut DPR' di Simpang Gadog

APABILA di sudut kanan atas layar smartphone kamu sudah bertengger simbol 4G, maka kamu kini sudah menjadi orang yang bisa menikmati jaringan dengan kecepatan yang paling oke. 4G pertama kali digunakan pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo, barulah kemudian menyebar ke seluruh dunia. Akhirnya, teknologi canggih ini juga dapat kita nikmati di Indonesia deh.

JIKA kamu menemukan sebuah huruf di atas signal bar bertulis­kan E, maka saat itu smartphone kamu sedang berada di dalam jaringan EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution. Ia mulai digunakan secara luas pada tahun 2003 dan dapat mengir­imkan data hingga kecepatan 217 kbps. Uniknya, jaringan ini me­mang masih digunakan secara luas di seluruh dunia. Mencakup 604 jaringan EDGE di 213 negara. Nama kerennya sih 2.75G.

============================================================
============================================================
============================================================