fotoDuduk di semester akhir se­buah universitas, tak lan­tas menutup peluang Anda untuk bisa sukses merintis usaha. Sembari kuliah, Anda bisa mendatangkan tambahan penghasi­lan dengan merintis usaha dengan modal kecil. Salah satunya membuat aneka ma­cam aksesoris wanita untuk mendatang­kan omzet besar setiap bulan.

Bagi kalangan mahasiswa, menekuni bisnis aksesoris wanita memang sangat menjanjikan. Kodrat wanita yang senang berdandan dan menomor satukan ma­salah penampilan, menjadikan peluang bisnis wanita ini seakan-akan tak pernah ada habisnya. Bahkan tidak hanya itu, peluang usaha ini juga bisa dijalankan dengan mudah dan tidak membutuh­kan modal usaha yang besar. Sehingga tidak heran bila usaha modal kecil ini kebanyakan ditekuni oleh kalangan ma­hasiswa.

Seperti Fanny Nadia Hardjo yang ma­sih duduk di Universitas Pakuan Jurusan Pendidikan Biologi semester delapan. Ia membuka usaha Shaby_style sejak tiga minggu lalu. Diberi nama Shaby_style terinspirasi dari shaby chic yang berbau bunga-bunga.

Awalnya Fanny membuka usaha kare­na sekarang ini lagi booming sekali akeso­ris yang unik, terutama yang lagi hits ant­ing pom-pom lalu ia coba membuatnya dan hasilnya sangat memuaskan.

“Perjuangan aku waktu sebelum buka usaha ini aku coba dulu bikin-bikin ac­cesoris terus gagal lagi gagal lagi. Seiring jalannya waktu aku mulai bisa, yang mem­butuhkan perjuangan lagi tuh beli bahan­nya yang lumayan jauh dan susah dicari,” ungkap Fanny kepada Bogor Today.

Shaby_style menjual anting pom-pom ukuran besar Rp. 15.000, ukuran kecil Rp. 10.000, dan kalung Rp. 30.000. “ Bisa custom warna juga, nanti insya Allah aku bakal jual buquet bunga dari pom-pom juga,” katanya. Bahan yang dipakai dalam membuat anting pom-pom yaitu benang woll dengan kualitas terpilih.

Kelebihan produk Sha­by_style tentu saja variatif, dan harga sangat ter­jangkau. “Setau aku di Instagram ada yang menjual anting pom-pom di atas Rp. 30.000, terus aku bisa an­ter langsung barang di daerah Bogor lu­mayan engga usah pake ongkir,” jelasnya.

Kendala yang dihadapi untuk mem­buka usaha ini, Fanny masih susah dalam hal pemasaran dan belum ada tempat yang bisa menampung anting yang ia buat.

Dengan sistem penjualan online di media sosia Instagram @Shaby_style, Fanny mengeluar­kan modal awal Rp. 150.000. “Dalam tiga minggu aku sudah dapat untung sekitar Rp. 150.000,” pungkasnya .

(Hesti Amelia)

5 KOMENTAR