rusunami_citypark_400KARAWANG, TODAY — Guna memenuhi permintaan hunian layak di sekitar kawasan indus­tri, khususnya untuk segmen buruh pabrik, Perum Perumnas mulai membangun rumah susun sederhana milik (rusunami). Lo­kasinya di Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Direktur Utama Perum Pe­rumnas Himawan Arief Sugoto mengungkapkan, meski berla­bel rusunami, namun penam­pakan luar, serta fasilitasnya setara dengan apartemen.

Arif berujar, untuk hunian yang terletak tak jauh dari pintul tol Karawang Barat, dan berada di dekat kawasan industri, harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau un­tuk pekerja pabrik yakni sebesar Rp 167 juta hingga yang termahal Rp 300 juta di penjualan tahap awal.

“Namanya saja rusunami, tapi bentuknya dan rasa (fasili­tas) apartemen,” kata Arif dite­mui di lokasi groundbreaking, di Karawang, Jawa Barat, Rabu (24/2/2016).

Dengan rasa apartemen tersebut, lanjutnya, rusunami untuk kelas masyarakat ber­penghasilan rendah (MBR) ini dilengkapi dengan kolam re­nang, taman, fitness center, jogging track, bahkan hotel dan pusat perbelanjaan. “Nan­ti kita kem­bang­k a n juga fasilitas komersial di ta­hap kedua,” jelas Arif.

Tipe yang ditawarkan yakni tipe 18 (studio) sebanyak 378 unit, tipe 27 sebanyak 189 unit, dan tipe 36 sebanyak 113 unit. Sementara untuk tower kedua yakni tipe 18 sebanyak 488 unit, tipe 27 sebanyak 190 unit, dan tipe 36 sebanyak 131 unit.

“Rencana tahap awal pengem­bangan kawasan Sentraland dim­ulai dari pengembangan rusuna­mi untuk target grup masyarakat berpenghasilan rendah. Ragam ukuran rusunami yang ditawar­kan merupakan konsep subsidi silang atas biaya konstruksi yang merupakan komposisi biaya terbesar,” jelas Arif.

(dtc)

============================================================
============================================================
============================================================