iv_collage1PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan siap merilis New Suzuki Vitara Brezza ke pasar tanah air pada tahun ini. Mobil SUV yang bakal menjadi pesaing Honda BR-V dan Chevrolet Trax ini sebelumnya sudah beredar di India dan sempat diperkenalkan pada ajang India Auto Expo 2016 beberapa waktu lalu.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Secara desain Suzuki Vitara Breza terbaru sangatlah el­egan dengan mengusung tampilan segar terutama di sektor depan berkat grill kokoh nan elegan.

Sedangkan di bagian interior ter­dapat dashboard dengan kombinasi warna hitam dan sedikit aksen sil­ver, selain itu disematkan pula ali­ran udara AC yang dibuat besar baik di bagian tengah, kanan maupun kiri dashboard.

Sementara itu di bawahnya ter­dapat head unit double DIN dengan dukungan layar sentuh sehingga terkesan modern. Tidak ketinggalan tombol pengaturan yang terdapat pada roda kemudi untuk memper­mudah pengendara saat mengop­erasikannya.

Pada setir tersebut terdapat tombol audio dan juga tombol cruise con­trol. Sementara itu di bagian ten­gah dashboard terdapat panel AC yang kini mengusung sistem digital dan terdapat juga power outlet dan soket USB yang berfungsi untuk melakukan pengisian baterai pada smartphone atau koneksi audio.

Untuk tuas transmisi di desain cuk­up sederhana dengan bentuk mem­bulat. Dibagian bawah terdapat pijakan kaki khusus untuk sistem transmisi yang bertujuan mem­permudah dan membuat nyaman pengemudi.

Kesan modern sangat kental sekali pada mobil SUV ini terutama di sektor ruang kabin mengingat di dalamnya terdapat tombol start/ stop, indikator sensor parkir, tom­bol untuk melipat dan membuka spion, pengaturan spion elektrik hingga pengaturan tinggi rendah so­rotan lampu utama.

Kemungkinan besar Suzuki Vitara Breza untuk pasar Indonesia nanti akan sama seperti di India meski­pun ada juga beberapa perubahan untuk disesuaikan dengan kondisi jalanan tanah air.

Kabar terbaru mengungkapkan saat ini pihak Maruti Suzuki di India ten­gah memberikan pelatihan khusus bagi para dealer resmi guna me­nyambut kehadiran Suzuki Vitara Breza.

Meskipun sudah diperkenalkan se­cara resmi namun mobil SUV ini baru akan mengaspal di negara hindustan tersebut pada bulan Ma­ret mendatang dengan mengusung mesin diesel berkapasitas 1.3 liter didukung teknologi DDis dan turbo yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga mencapai 90 hp serta torsi puncak 200 Nm.

Mobil ini didukung tampilan yang sangat sporty berkat hadirnya lam­pu proyektor serta disandingkan pula oleh lampu LED Daytime Run­ning. Sedangkan untuk kaki-kakinya mengusung velg baru berdiameter 16 inci. Tidak ketinggalan skid plate juga ikut terpasang baik di sektor depan maupun belakang dan spion elektrik yang dibekali pula oleh lampu baik dibagian kiri maupun kanan.

Di India memang mesin diesel lebih populer namun belum diketahui secara pasti apakah untuk Indone­sia juga akan menggunakan mesin diesel atau bensin sepertinya SUV kebanyakan di tanah air.

PT SIS sampai saat ini belum mem­berikan bocoran lebih banyak men­genai mobil terbarunya ini namun yang pasti Suzuki Vitara Breza akan menjadi andalan baru bagi pabrikan berlogo huruf S ini di seg­men SUV.

Sebagai mobil SUV modern Suzuki Vitara hadir

dengan fitur-fitur keamanan cukup lengkap seperti Airbag yang ter­dapat pada semua varian, kemudian ada pula fitur sensor air hujan, ABS, EBD, Cruise Control, lampu otoma­tis hingga tombol starter mesin.

Suzuki Vitara menjadi salah satu mobil legendaris, karena dianggap sangat ideal untuk kondisi jalan yang buruk. Selain punya kekuatan besar, mobil ini juga diang­gap tak terlalu besar untuk melenggang di jalanan ramai.

Di India, mobil yang diberi nama Vitara Brezza ini kabarnya akan dilepas paling mahal 12 lakhs, atau Rp250 juta untuk versi termurah. Harga itu terbilang murah dibanding para penda­hulunya yang dihargai di atas Rp300 juta.

(hilman/*)

============================================================
============================================================
============================================================