knzI06yXgl1440931132JAKARTA, Today – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, telah menyelesaikan kajian terkait rencana pencabutan sanksi kepada PSSI. Sebelumnya, Menpora sudah memberikan kajian tersebut kepada Presiden Joko Widodo, Ka­mis (25/2) malam.

Tapi, Presiden Jokowi meminta harus ada yang direvisi, salah satu poin yang harus diperkuat adalah terkait persoalan hukum antara PSSI dan Kemenpora yang saat ini sedang berjalan di Mahkamah Agung. Dan revisi kajian tersebut sudah langsung diselesaikan Menpora, Jumat (26/2) petang.

Menurut Imam, pihaknya sudah melakukan kajian secara mendalam dan komprehensif dengan memper­timbangkan semua aspek dalam dua hari terakhir. Termasuk berdiskusi dengan banyak pihak yang terkait.

BACA JUGA :  Menang 2-0 Atas Kamboja, Timnas Indonesia U-19 Menatap Semifinal

“Sore hari ini kami sudah menyl­esaikan kajian-kajian itu. Dan karena sore hari ini mungkin sudah jam 5, sehingga hari Senin (29/2), yang akan datang kami akan menghadap Bapak Presiden untuk menyampaikan ka­jian tentang pencabutan sanksi ke­pada PSSI,” kata Imam, dalam jumpa pers di kantor Kemenpora, Jumat (26/2) petang.

“Dalam kesempatan kali ini saya sampaikan, bahwa kami tidak per­nah membekukan PSSI. Kami hanya memberikan sanksi administratif dengan tidak mengakui kegiatan PSSI Pusat, itu saja. Sehingga ma­syarakat pencinta bola dan seluruh masyarakat Indonesia untuk bers­abar, kami akan sampaikan kajian seluruhnya kepada Bapak Presiden,” tambahnya.

Lebih lanjut, Imam berharap le­wat kajian tersebut sepakbola Indo­nesia bisa ke arah yang lebih baik, mulai dari PSSI hingga para pelaku sepakbola itu sendiri.

BACA JUGA :  Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Filipina Hari Ini

“Saya yakin, hasil kajian ini jelas akan memuaskan semua pihak, dan akan memberikan harapan bagi per­baikan tata kelola sepakbola nasional yang akan datang. Termasuk bagi PSSI, pemain, pelatih, serta pelaku sepakbola lainnya termasuk bagi dunia pers. Saya yakin seperti itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Komuni­kasi Publik Kemenpora Gatot S. De­wabroto masih belum bisa memas­tikan apakah keputusan hasil kajian itu bakal diumumkan juga, Senin (29/2) nanti. “Keputusan Presiden soal kajian tersebut tetap akan diu­mumkan oleh Menpora atas arahan dari Presiden,” tandas Gatot.

(Imam/net)

======================================
======================================
======================================