DSC06888Popolo adalah coffee shop di Jalan Loader Nomor 9 Bogor Timur sejak Mei 2015 oleh Alyssa Rusli. Nama Popolo sendiri diambil dari bahasa Italia dari kata people. Jadi, Popolo berharap keberadaannya ini dapat lebih dekat dan berinteraksi dengan customernya lewat coffee shop.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Popolo adalah coffee shop di Jalan Loader Nomor 9 Bogor Timur sejak Mei 2015 oleh Alyssa Rusli. Nama Popolo sendiri diambil dari bahasa Italia dari kata people. Jadi, Popolo berharap keberadaannya ini dapat lebih dekat dan berinteraksi dengan customernya lewat coffee shop.

Awalnya, Alyssa membuka Popolo karena dulu coffee shop di Bogor baru sedikit. Bisa dibilang Popolo sebagai rumah kedua bagi orang yang datang ke sini, dan kebutuhan kopi juga lagi trending.

Perjuangan Alyssa dalam mendiri­kan usaha ini ia harus berani melang­kah, dan ulet. “Jika berani, kita sudah berada satu langkah di depan, selain itu kita juga harus benar-benar fokus, dan konsisten. Jangan lupa berdoa maupun persiapan yang matang. Jadi sebelum popolo ini di buka harus siap seluruhnya, pas awal buka kita di sini langsung grand opening, karena saya tidak suka kalau masih soft opening tandanya belum siap,” ungkap Alyssa kepada Bogor Today.

Dengan ruangan tidak ter­lalu besar Popolo menghadirkan konsep coffee shop, dan memiliki ruangan yang lucu, terlihat dari luar Popolo ini bentuk dindingnya sengaja dibuat seperti container bergaya down town dengan campuran industrial, kayu, dan tanaman di halaman depannya juga dihiasi dan ditata dengan pot-pot tana­man hijau.

Popolo lebih fokus ke menu coffee, terdapat jeni-jenis coffee seperti espres­so, espresso macchiato, piccolo, long black, cappucino, latte, mocha, cold brew latte. Ada juga manual brew sep­erti pour over, dan aeropress. “Coffee yang kita pakai dari biji kopi Bali campur dolok sanggul. Menu favorit kita ada kla­sik Coffee,” katanya.

Selain menu coffee, Popolo juga me­nyediakan menu yang disajikan secara panas atau dingin seperti green tea latte, taro late, red velvet latte, nutellachino, lychee yakult, nutella, taro, avocado not affogato, cold presses orange juice, pre­mium hot tea, dan flavored ice tea.

Selain minum coffee di Popolo Anda juga bisa memesan snacks dan sweets brownies ice cream, affogato, brogato, tortilla chips with cheese dip, dan pastry of the day. Harga coffee di Popolo sangat terjangkau dari Rp. 15.000-Rp. 32.000, sedangkan snack dan sweets Rp. 10.000- Rp. 35.000.

Fasilitas yang disediakan Popolo ter­dapat wifi, ruangan in door, out door, toilet dan parkir yang cukup luas. Jam operasional setiap Senin-Jumat pukul 10.00-21.00, Sabtu 10.00-22.00. Popolo sedang memberikan promo free ice cream topping setiap pembelian ice taro, dan setiap pembelian Rp. 350.000 dapat diakumulasi selama Februari mendapat­kan tote bag.

Menurut Alyssa, dengan modal awal Rp. 200.000.000–Rp. 300.000.000 un­tuk sewa tanah dan membuat tempat, Popolo setiap bulannya dapat

Lintas Bogor

Berawal dari terdesak ke­butuhan yakni sulitnya mendapatkan busana mus­lim syar’i, Yeni Anggraeni Suriantanu memutuskan terjun di bisnis baju muslim, meskipun saat itu ia tak memiliki keahlian khusus di bidang konveksi.

Kepada Bogor Today, Yeni beru­jar bahwa inspirasi awal memulai bisnis busana muslimah lebih karena kebutuhan. “Kebutuhan yang kami maksudkan disini yaitu kebutuhan akan busana muslimah syar’i untuk dipakai sendiri dan juga kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Yeni.

Dari pengalaman susahnya men­cari busana muslimah yang dapat me­nutupi aurat dengan sempurna dan pas saat dipakai, maka saat itu terbersit dipikiran Yeni, mengapa tidak coba saja masuk di bisnis perdagangan busana muslimah syar’i. Karena persaingannya masih relatif rendah dan pelaku bisnisnya juga masih relatif sedikit.

Sejak tahun 2014 didirikan, Salfana menjual gamis, kerudung, blouse, rok, pashmina, kaos kaki, dan beraneka ma­cam aksesoris. Bahan gamis yang digu­nakan Salfana seperti jersey, shabet, seru­ti, ungaro, dan masih banyak lagi. “Kami menjual gamis bisa kostum ukuran, mod­el, bahan, dan warna.” Katanya.

Dengan menjual sistem online me­lalui Facebook, Instagram @salfana. Anda juga bisa langsung membeli atau re­quest gamis langsung ke tempat produksi di Jalan Srikaya Blok D 7 Nomor 6 Bumi Cibinong Endah Kelurahan Sukahati, Cib­inong.

Menurut Yeni, modal awal yang dipak­ai Rp. 100.000.000 untuk membeli mesin jahit, maupun bahan kini omset perbulan sangat alhamdulillah sekali. “Saya beru­saha berbisnis ala Rasulullah, tidak hanya berbisnis, kita juga bisa melakukan dak­wah, dan saya juga ingin diajak mengikuti berbagai macam hal-hal yang positif. Jan­gan takut memakai gamis, patut untuk di coba.” tambahnya.

Salfana juga pernah mengikut bazar baju di sekolah, kantor, perumahan, dan Botani Square. “Paling terasa saat bazar di Botani hasilnya sangat memuaskan, bah­kan jadi banyak yang pesan gamis secara kostum,” pungkasnya.

(Hesti Amelia)

============================================================
============================================================