BHLBOGOR, Today – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Katulampa 2, Kecamatan Bogor Timur, akan berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik. Selain itu, akan menumbuhkembangkan karater siswa yang baik serta meningkatkan profesional gurunya.

Sebab melalui program tersebut, diharapkan lulusan SDN Katulampa 2 akan memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kompetensi akademik yang utuh dan terpadu, sekaligus memiliki kepribadian yang baik sesuai norma-norma dan budaya Indonesia. “Pendidikan karakter diharapkan akan menjadi budaya di sekolah ini,” tandas Kepala SDN Katulampa 2 yang baru Siswantoro.

Kenapa hal itu diterapkan, lanjutnya, karena pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter atau akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai standar kompetensi lulusan.

Maka melalui pendidikan karakter, diharapkan peserta didik SDN Katulampa 2 mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya dalam mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia, sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. “Sasaran program pendidikan karakter ini adalah seluruh warga sekolah, yaitu para peserta didik, guru, karyawan administrasi dan pimpinan sekolah itu sendiri,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap program tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebab, pengelola pendidikan SDN Katulampa 2 ingin memberi pembaharuan serta akan melanjutkan dengan harus lebih baik lagi. Namun, hal itu tidak terlepas dari bimbingan pengawas. “Mari kita bangun SDN Katulampa 2 ini serta bersinergis dengan dewan guru dan komite,” imbuhnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================