f11ab9a07c4a47b699b1519002029af2BARCELONA, Today – Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto, men­gaku tak sabar tampil di race perdana Formula One (F1) 2016 yang berlang­sung di Sirkuit Melboune, Australia, pada 20 Maret 2016. Bahkan driver berusia 23 tahun tersebut percaya diri dan siap 100 persen mengeluar­kan kemampuan terbaik.

Rio saat ini sedang fokus men­jalani tes pramusim di Sirkuit Kata­lunya, Spanyol. Pada tes pramusim kedua hari pertama yang berlang­sung Selasa 1 Maret 2016, Rio men­catatkan waktu yang lumayan apik.

Setelah melalui 45 putaran, pem­balap kelahiran Surakarta, Jawa Ten­gah itu mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 27.625 detik. Catatan itu sudah jauh lebih baik saat Rio menjalani tes pramusim pertama di sirkuit yang sama pekan lalu.

Pada dua hari tes yang dilalui, Rio masing-masing hanya mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 28.249 de­tik dan 1 menit 28.266 detik. Melihat catatan waktu yang semakin mem­baik, tak heran Rio mengusung ke­percayaan diri tinggi.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Resmi Protes ke AFC Soal Kepemimpinan Wasit Nasrullo Kabirov

“Saya melakukan persiapan yang bagus jelang tampil di race perdana. Tes yang sudah saya lalui membuat saya mendapat pengalaman untuk tampil di Melbourne. Saya masih memiliki kesempatan satu hari lagi untuk mengetes mobil dan saya pikir saya siap tampil di Melbourne,” jelas Rio, mengutip dari F1i.com, Rabu (2/3/2016).

Rio Haryanto menyelesaikan catatan waktu terbaik 1 menit 27.625 detik dari 45 lap yang dilahapnya selama mengi­kuti tes pramusim kedua di Sirkuit de Catalunya, Selasa (1/3/2016) sore waktu setempat. Meskipun berada di posisi buncit, namun pembalap kela­hiran Solo, Jawa Tengah, 22 Januari 1993 itu sukses memecahkan rekor pribadi dengan di hari pertama ini.

Rio tercatat lebih cepat 0.624 dari tes pertama di Sirkuit de Catalunya, dan berarti ia mulai mengalami ke­majuan. Walaupun ada sedikit ken­dala selama turun di sesi pagi hari di tes pramusim kedua ini. Pasalnya MRT05 yang dikendarainya mengala­mi kebocoran oli, sehingga ia hanya melakukan dua putaran saja.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Optimis Raih Poin di Laga Piala Asia U-23 Lawan Australia

“Kami mengalami kebocoran oli dan sulit untuk melanjutkan tes pagi hari,” demikian pernyataan Manor seperti dikutip GPUpdate.

Pada tes pramusim kedua di hari pertama ini, Nico Rosberg keluar seb­agai yang tercepat. Pilot jet darat Mer­cedes itu membukukan waktu tercepat 1 menit 23.022 detik dari 82 lap yang di­lahapnya. Rekan setim Lewis Hamilton itu unggul dari Valterri Bottas dan Fer­nando Alonso, yang mengunci tempat di urutan kedua serta ketiga.

Sementara juara dunia Formula 1 musim lalu Hamilton tercecer di bari­san keenam dengan catatan waktu 1 menit 25.051 detik. Mantan kekasih Nicole Scherzinger itu kalah cepat dari pilot jet darat Red Bull (Daniil Kvyat) dan Kimi Raikkonen (Ferrari).

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================