new-toyota-fortuner-2015_02-640x420_cPT TOYOTA ASTRA Motor (TAM) mengklaim varian terbaru Toyota Fortuner atau All New Toyota Fortuner yang diluncurkannya pada 22 Januari lalu telah terpesan 7.000 unit. Fakta ini disebut sebagai indikasi semakin bertumbuhnya segmen SUV di tahun ini.

Oleh : Malik
[email protected]

Terhitung, dalam waktu satu bulan (se­jak diluncurkan 22 Januari), SPK (surat pesanan kendaraan) Toyota All New Fortuner sudah mencapai sekitar 7.000 unit,” tutur Hi­royuki Fukui, Presiden Direk­tur Toyota Astra Motor (TAM), di sela peluncuran varian baru Toyota Rush.

Dia menegaskan, sejak awal pihaknya memang menyiapkan versi paling gres dari Fortuner itu. Hal ini, lanjut dia, dikare­nakan pasar SUV di Tanah Air diyakini semakin bertumbuh. Fukui menyebut sepanjang tahun lalu, petumbuhan pasar SUV di Indonesia men­capai 18 persen. Padahal, di saat yang sama model-model lain menyusut karena pasar otomotif yang tengah lesu. Tahun ini, menurutnya, pasar segmen SUV diperkirakan kem­bali bertumbuh. “Oleh kare­na itu, sebagai respon. kami menghadirkan All New Fortun­er pada Januari lalu,” ucapnya.

Pernyataan senada diungkap­kan Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto. Bahkan dia memperkirakan pangsa pasar segmen SUV dari total penjualan semua jenis mo­bil pada tahun ini meningkat hingga menjadi 8-9 persen. “Kalau tahun lalu market share (pangsa pasar) masih 7 persen dengan pertumbuhan penjua­lan 18 persen, tahun ini bisa 8-9 persen (pangsa pasar), dan pertumbuhan (penjua­lan) lebih besar,” kata dia. Ada sejumlah faktor yang men­jadi pemicu meningkatnya permintaan varian SUV di In­donesia. “Banyak orang-orang muda yang menjadikan kenda­raan ke kantor, bersantai, dan lain-lain,” paparnya. (/net)

============================================================
============================================================