IMG_20160309_124319_HDRKalau Anda hanya mengenal Bogor sebagai tempat wisata, berarti Anda belum cukup mengenal kota ini. Bogor tak hanya menyuguhkan keindahan alamnya, juga punya sederet kuliner lezat yang bisa di jadikan oleh-oleh.

Oleh : Hesti Amelia
Dewi Mifta, Owner Priangan Sari [email protected]

Seperti toko oleh-oleh Pri­angan Sari yang menjual ritel untuk jenis makanan daerah, terutama daerah Jawa Barat. Priangan Sari berdiri pada tahun 1992 di Band­ung oleh Dewi Mifta dengan men­jual buah-buahan dan makanan daerah Bandung. Pada tahun 1997 Priangan Sari berpindah lokasi ke daerah Bogor dengan tetap men­jual buah-buahan dan makanan, namun dengan jenis yang lebih banyak.

Saat memulai usahanya, Dewi benar-benar mulai dari nol. Dari jualan di rumah sampai memiliki enam cabang. “Awalnya saya hanya berjualan keripik tempe, bayam, dan oncom saja. Karena banyak yang membeli, saya minta modal dengan suami untuk membuka usaha ini agar lebih berkembang lagi,” kata Dewi, anggota IWAPI Kota Bogor, kepada Bogor Today, di Pasar Bersih Sentul City, Kabu­paten Bogor, Rabu (9/03/2016).

Cabang Priangan Sari terletak di Jalan Raya Puncak Cibogo No­mor 53-54 Cipayung Bogor, Jalan Raya Puncak Km 71 Gadog, Jalan Raya Puncak Km 79 Cisarua, Jalan Raya Soleh Iskandar (depan Yog­ya), Sentul Plaza Niaga II Nomor 5, dan Pasar Bersih Sentul City yang baru saja dibuka pada hari Rabu 9 Maret 2016. “Saya buka cabang di Pasar bersih Sentul City ini karena melihat peluang yang sangat besar. Apa lagi sekarang Sentul sudah memiliki tempat wisata. Target pasarnya pun kita para wisatawan yang memakai bus,” lanjutnya

Priangan Sari menjual kurang lebih ada 1000 macam makanan oleh-oleh khas Jawa Barat mau­pun luar Jawa Barat. Diantaranya aneka keripik, dodol, sale pisang, wajit, manisan, peuyeum, dan buah-buahan. Priangan Sari juga menyediakan produk unggulan­nya seperti lapis talas Bogor, bo­len pisang, brownies talas kukus, roti unyil, lapis durian, roll talas, ubi jalar, bolu pisang, keripik tempe, keripik bayam, dan masih banyak lagi. “Untuk keripik tem­pe di sini dari pembuatan tempe sampai gorengpun kita produksi sendiri,” kata Dewi. “Oleh-oleh makanan di sini sangat terjamin kualitasnya dan selalu fresh kare­na setiap satu minggu sekali pe­masok makanan selalu datang ke sini,” tambahnya.

Kisaran harga oleh-oleh makanan di Priangan Sari dari Rp. 6.000-30.000. Priangan Sari juga menjual kerajinan tangan, baju, jaket kulit, dan souvenir lainnya. Selain membeli oleh-oleh di sini Anda juga bisa memesan bakso, soto mie, dan pop mie.

Cabang Priangan Sari di Pasar Bersih Sentul City buka setiap hari pukul 08.00-21.00 memiliki parki­ran yang cukup luas. Untuk parkir bus bisa mencapai 50. Tersedia juga toilet, dan mushola.

Menurut Dewi modal awal yang digunakan saat pertama kali mem­buka usaha ini hanya Rp. 800.000. Perbulannya Priangan Sari dapat meraup omset ratusan juta rupiah. “Strateginya untuk tetap eksis sela­ma puluhan tahun kuncinya hanya sabar, ulet, komitmen, terus beri­novasi. Saya juga punya niat untuk membahagiakan orang tua dan anak yatim. Tapi yang paling pent­ing tetap belajar, dan harus mau memulai dari nol, ” tandasnya.

Priangan Sari akan memberi­kan promo setiap belanja Rp. 100.000 akan mendapatkan satu makanan.

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR