1200x-1BAVARIAN Motor Works sedang bergembira lantaran tahun ini merupakan satu dekade berdirinya BMW. Dan sebagai hadiah ‘centenary’ BMW, para penggagasnya berinisiatif menciptakan satu mobil konsep baru yang belum pernah digarap BMW sebelumnya.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Bertempat di Jerman, Munich Olympic Hall BMW resmi me­mamerkan senjata baru untuk dijadikan simbol sebagai perjuangan 100 tahun ke depan. Dan mobil terbaru tersebut diberi nama BMW Vi­sion Next 100.

Signifikansi pengubahan dan pemutakhiran dari berb­agai segi langsung terasa saat mobil memasuki Hall yang cukup besar. Dengan hidung khas ala BMW, mobil terlihat sangat menonjol dan tampak luar biasa mengagumkan, be­gitu juga dengan aerodinami­kanya yang nyaris sempurna.

Belum selesai sampai di situ, bagian ban depan dan be­lakang jadi pencuri perhatian berikutnya. Karena saat mobil berbelok, bagian ban terlihat seperti sisik yang merenggang dan merapat saat terjadi pe­rubahan arah mobil. Sungguh tampilan yang luar biasa.

Fokus fitur pada mobil sedan ini adalah kemam­puan sensor pada setir dan kabarnya akan disuguhi auto pilot. Selain itu, melalui harian Gizmag juga disebutkan bahwa salah satu andalan dari mobil ini adalah kemampuan ‘Com­panion’ sebagai artificial intel­ligence yang memungkinkan mobil ‘membantu’ drivernya mengenal dan mengendalikan mobil jadi lebih baik.

Dilansir dari laman Left­lanenews, BMW berencana un­tuk mengirim Vision Next 100 tur dunia dengan tujuan akhir berhenti di Cina, Inggris dan Amerika Serikat. Menggabung­kan profil coupe dan interior luas dari sedan, Vision Next 100 dirancang untuk menin­gkatkan baik dari sisi kenda­raan maupun manusia. Mode ‘boost’ fokus kepada penge­mudi namun mengunakan komputer untuk tetap menun­jukkan jalur mengemudi yang ideal serta kecepatan ideal. Mode ‘Ease’ mampu men­gubah interior, mencabut kemudi dan konsol tengah. Sandaran kepala berpaling ke samping, sedangkan kursi dan pintu bergabung untuk membentuk satu kesatuan yang memungkinkan penge­mudi dan penumpang depan kursi saling berhadapan. Styl­ing mobil tampaknya men­gambil inspirasi dari hybrid i8. “Jadi tujuan kami dengan BMW Vision Next 100 adalah untuk mengembangkan

skenario masa depan. Se­bagai desainer Anda dapat membayangkan sesuatu dan ini kesempatan baik jika apa yang kita bayangkan menjadi kenyataan,” ujar kepala desain BMW Adrian van Hooydonk. (/ net)

============================================================
============================================================
============================================================