Untitled-13Anda ingin memiliki usa­ha sendiri? Kini saatnya memulai usaha, teru­tama kuliner. Peluang untuk berbisnis makanan masih terbuka lebar bagi siapapun. Kini, beberapa macam makanan khas nusantara bisa dinikmati tanpa perlu menunggu waktu lama.

Nova Aditya Pambudi, seorang pengusaha makanan siap saji asal Bogor membuat terobosan baru dalam usahanya. Pria yang telah menekuni usahanya sejak tahun 2014 lalu ini, membuat makanan kemasan siap saji yang terdiri dari berbagai pilihan.

Djava Sukses Abadi, nama us­aha makanan kemasan siap saji yang dimiliki Nova mengangkat beberapa menu nusantara untuk diperkenalkan ke publik. Usaha yang ditekuninya fokus terhadap menu nusantara siap saji yang dikemas dan mampu bertahan hingga lebih dari setahun.

“Ini usaha boga kita bikin makanan siap saji seperti rendang sapi, semur sapi, kare, opor, dan rendang jengkol. Makanan ini bisa langsung dimakan dan tahan sam­pai 14 bulan dalam suhu normal,” terang Nova kepada detikFinance, Minggu (13/03/2016).

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Tumis Tofu Ayam Cincang yang Gurih dan Lezat Dijamin Keluarga Ketagihan

Nova memulai usahanya se­jak tahun 2014 lalu dengan riset pasar, hingga pada akhirnya pada awal tahun 2016 kemarin, merk dagangnya resmi terdaftar dan di­izinkan untuk beroperasi.

“Awalnya tahun 2014 saya riset pasar dulu, terus di tahun 2015 saya coba mulai pasarkan, karena perlu izin usaha dan yang lainnya juga saya urus dan akhirnya terdaftar awal ta­hun 2016 ini,” ujar Nova.

Jenis makanan yang ditawarkan saat ini terdiri dari 5 jenis makanan khas nusantara dengan kisaran har­ga Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu. Di tahun ini, Nova berkeinginan untuk menambah varian produknya yang lebih ekonomis.

“Untuk saat ini baru 5 jenis saja yang kita jual dari Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu. Kalau rendang sapi ya Rp 40 ribu, kalau daging ayam dan jengkol itu Rp 30 ribu, itu bisa buat 2 sampai 3 orang. Kita juga mau bikin produk baru nanti ada arem-arem kemasan ekonomis buat 1 orang saja kita jual Rp 15 ribu,” jelas Nova.

BACA JUGA :  Bingung Mau Healing Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Cafe di Bogor yang Cozy dan Bernuansa Alam Dijamin Suka

Omzet yang didapatkan Nova tiap bulannya bisa mencapai Rp 8 juta sampai Rp 15 juta. Untuk saat ini, produk yang menjadi unggulan ialah rendang sapi. “Untuk sekarang kare­na kita baru terdaftar izin baru bisa dapat Rp 8 juta sampai Rp 15 juta. Ka­lau yang paling laku rendang sapi,” jelas Nova.

Usaha yang dijalankan Nova ini akan memperbanyak jumlah produk­sinya pada tahun ini. Dirinya juga berharap, di tahun 2018 mendatang hasil produksinya dapat diekspor ke luar negeri.

“Untuk tahun ini kita mau pindah ke tempat baru yang lebih besar buat nambah jumlah produksi. Pengen­nya nanti bisa produksi 5.000 piec­es/hari supaya bisa diekspor, kita target di Asia dulu dengan menyasar jemaah umroh, PJTKI, dan Perhim­punan Pelajar Indonesia (PPI) di luar karena kan mereka yang tau iklim di sana seperti apa,” jelas Nova.

============================================================
============================================================
============================================================