20141120_043202_20141120PBSI_HKSS_Jordan&Liliyana3JAKARTA, TODAY – Menteri Pemuda dan Olahraga (Men­pora) Imam Nahrawi berharap juara All England, Praveen Jor­dan/Debby Susanto, mampu mempertahankan konsistensi permainan demi menjaga asa juara Olimpiade Brasil 2016.

Praveen/Debby tampil mengejutkan dengan mengan­daskan pasangan asal Denmark yaitu Joachim Fischer Nielsen/ Christinna Pedersen dengan skor 21-12 dan 21-17 di final gan­da campuran All England, Min­ggu (13/3).

Pencapaian yang diraih pa­sangan ‘kuda hitam’ asal Indo­nesia ini menjadi gelar pertama mereka pada level Super Series Premier. Bahkan hasil yang di­raih pemain pelatnas ini men­gungguli seniornya yaitu pas­angan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir di All England.

“Hasil di All England kami harapkan menjadi modal bagi pasangan Praveen/Jordan un­tuk meraih hasil maksimal lagi terutama pada Olimpiade 2016 hingga Asian Games 2018,” kata Menpora Imam Nahrawi di Ja­karta, Senin (14/3).

Untuk meraih prestasi pada kejuaraan bergengsi ini, Praveen/Debby yang merupakan unggulan kedelapan harus ber­susah payah. Apalagi pada babak semifinal harus berhadapan den­gan pasangan ranking satu asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan skor 21-19 dan 21-16.

Kemenangan atas pasangan China tersebut, bagi Praveen/ Debby juga merupakan sejarah karena menjadi kemenangan pertama dari total delapan pertemuan. Dengan demikian, prestasi ini diharapkan terus berlanjut dan menjadi penerus ganda campuran terbaik Indo­nesia.

Dengan kemenangan ini, Praveen/Debby tinggal me­mantapkan diri untuk tampil di Olimpiade Brasil karena saat ini berada di posisi enam atau peringkat delapan untuk rank­ing dunia.

Jika tetap konsisten Indo­nesia bakal mengirimkan dua pasangan ke Olimpiade. Selain Praveen/Debby ada pasangan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir.

“Apa yang diraih oleh pas­angan ini kami harapkan mam­pu memacu semangat pemain muda lainnya untuk lebih ber­prestasi lagi dan bisa masuk ja­jaran pemain elite dunia,” ujar Imam

Untuk pemain lain, Indonesia akan mengandalkan pemain yang berada diperingkat tertinggi di antaranya pasangan Hendra Se­tiawan/Muhammad Ahsan, pasan­gan Greysia Polii/Nitya Khrishinda Maheswari. Sedangkan untuk tunggal putra ada nama Tommy Sugiarto.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================