Untitled-8CIBINONG, TODAY – Satpol PP benar-benar ingin menghilangkan stigma bu­ruk dimata masyarakat. Pendekatan lebih humanis dan santun pun jadi mo­mentum dalam peringatan HUT Satpol PP ke-66 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) se-Jawa Barat di Lapangan Tegar Beriman, Selasa (15/3/2016).

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pun setuju jika Satpol PP yang identik dengan kekerasan dirubah. Ia menginginkan, Pol PP tak hanya ber­fungsi sebagai penegak peraturan dae­rah (perda), tapi juga menjadi pelayan masyarakat.

“Saat ini, keberadaan Satpol PP sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Se­hingga, sikap dan tindakan Satpol PP saat menjalankan tugas harus dilakukan dengan humanis, untuk memenuhi ke­butuhan masyarakat,” ujar Aher.

Baca Juga :  Serentak, MUI se-Kabupaten Bogor Istigasah Jelang Sidang Pembelaan Ade Yasin

Sebagai tangan kanan pemerintah, kata Aher, di HUT Satpol PP ke-66 dan Satlinmas ke-54 ini lebih fokus dalam mewujudkan pelayanan prima dalam melakukan penert­iban umum dan kenyamanan masyarakat mengubah pola tindakan dengan cara yang lebih halus dan humanis.

“Meningkatkan profesionalisme, dan membangun jejaring dan koordinasi dengan seluruh Satpol PP se-Indonesia untuk bersama-sama menciptkan Indo­nesia yang tertib dan nyaman,” tambah gubernur dua periode ini.

Sementara Bupati Bogor, Nurhayanti menginginkan Satpol PP Kabupaten Bo­gor mengembangkan citra dan wibawa sebagai ujung tombak Pemkab Bogor dalam menyelenggarakan ketertiban umum.

Baca Juga :  KPAD Soroti Aksi Tindakan Pemeriksaan Haid Siswi di Mts Kabupaten Bogor

“Ini menjadi motivasi untuk mengop­timalkan penegakan Perda di Kabupaten Bogor. Serta bertindak dengan lebih ber­sahabat. Mereka senjata yang menjadi wibawa, tetapi wibawa yang menjadi senjata sehingga Satpol PP ini menjadi sa­habat bagi masyarakat,” tutur Nurhayanti.

Satpol PP pun memamerkan tim evakuasi udara dengan mendatangkan satu helikopter jenis Super Puma dari Lanud Atang Sendjaja ditambah dua heli dari Basarnas dan satu milik Polri.

Di Lapangan tegar Beriman, terlihat semua Kasat Pol PP se-Jawa Barat. Termas­uk Kasat Pol PP Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit serta Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar.

(Rishad Noviansyah)