Untitled-11SEKOLAH Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Bogor nampaknya satu-satunya sekolah yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diusung Pemkot Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik). Namun dari 32 Sekolah SMA, hanya SMPN 1 Bogor yang akan mengadakan ujian berbasis komputer (online) ini.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor, Sri Sugiarti menyatakan persiapan se­belum menghadapi UNBK ini sudah dilakukan secara maksimal. Pasal­nya persiapan ini sudah dilakukan mulai dari sarana dan prasarana penunjang yakni kom­puter, listrik, genset, pemadam kebakaran, internet hingga materi bahan ajar, yang ses­uai dengan Standar Kelulusan (SKL).

“Memang sejak setahun ini, kami bekerja keras untuk mempersiapkannya. Baik itu perangkat software, maupun hardwarenya,” katanya.

Dijelaskannya, untuk materi UN sendiri pihaknya telah meminta para guru penga­jar, dari empat mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK, untuk membekali peserta di­diknya dengan materi berupa satu ringkasan soal yang berisi tanya jawab berikut pemba­hasannya.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

“Dengan berlatih soal di depan komput­er, maka para siswa akan terbiasa dan tidak gugup lagi saat ujian berlangsung. Beruntung anak-anak sudah terbiasa dengan teknologi saat ini. Memang pada awal latihan menger­jakan soal, mereka sedikit kebingungan kare­na masih baru,” akunya.

Ia menyebutkan, SMP Negeri 1 Kota Bo­gor sendiri menyediakan sekitar 108 buah unit komputer untuk digunakan pada tiga kelas. “Komputer tersebut akan digunakan, untuk tiga gelombang yaitu pagi, siang dan sore,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bogor Edgar Suratman mengatakan, bahwa persia­pan di setiap sekolah sebelum menghadapi UNBK ini sudah dilakukan secara maksimal mulai dari sarana dan prasarana penunjang yakni perangkat komputer, listrik, genset, pemadam kebakaran, internet hingga ma­terinya bahan ajarnya sesuai dengan Standar Kelulusan (SKL). “Semua sudah dipersiap­kan, baik itu perangkat softwarenya dan hardwarenya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Ia pun mengaku, sangat bangga terhadap persiapan yang dilakukan SMP Negeri 1 Kota Bogor dalam melaksanakan UNBK, mengin­gat UNBK tersebut merupakan kali pertama dilakukan oleh sekolah tersebut. “Sejauh ini saya lihat persiapannya sudah cukup bagus. Tahun lalu SMP belum ada yang siap. Hanya ada tiga sekolah yaitu SMK 3, SMK Infokom dan SMK Wirakrama,” ungkapnya.

Dikatakannya juga, untuk materi ujian pihaknya telah meminta para guru penga­jar untuk materi ujian sebanyak empat mata pelajaran yang dilengkapi dengan ringkasan soal yang berisi tanya jawab berikut pemba­hasannya. “Memang pelaksanaan UNBK ini akan dilakukan di bulan April, tapi sebelum­nya bulan Februari ini akan digelar try out baik untuk SMP dan SMA,” tutupnya.

============================================================
============================================================
============================================================