Untitled-1BOGOR, TODAY – Institut Pertanian Bogor (IPB) se­dang berusaha menuju World Class Univer­sity dengan mener­apkan kebijakan Green Campus. Namun, tidak se­dikit mahasiwa yang merasa keberatan dengan penggunaan Green Transportation (GT) atau angkutan ramah lingkungan. Meskipun biaya yang ditetapkan berkisar Rp. 1000 – Rp. 2000, mahasiswa belum mau menggu­nakan GT.

“Baru banget diimplementasikan terus juga masih banyak yang belum terima sama green campus ini karena mungkin udah terbiasa dengan per­aturan lama. Belum terimanya dari segi transportasinya yang berbayar dan bi­ayanya juga lumayan,” ujar Novi, ma­hasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Pendapat serupa juga disampaikan mahasiswa FMIPA lainnya, Dwilaras Athina. Menurutnya, kebijakan tersebut cukup memberat­kan. Selain itu, jadwal bis dan mobil listrik sampai saat ini be­lum jelas. “Mahasiswa yang jadwal kuliahnya pindah-pindah dari satu gedung ke gedung lainnya kan bakal kesusahan, apa­lagi kalau jeda waktunya se­dikit,” jelasnya.

Namun, Dwilaras menyadari bahwa kebijakan green campus meru­pakan upaya yang bagus. “Kalau IPB bisa terkenal di world university karena faktor green campus. Siapa coba yang gak mau? Seandainya beneran terwujud green campus yang gak memberatkan pihak manapun, peringkat IPB bukan lagi nomer tiga di Indonesia (bisa jadi nomer satu),” ungkapnya.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Putri Novia Fahmawati, mahasiswa FMIPA lainnya juga menilai penggunaan GT perlu ad­anya dukungan fasilitas yang mumpuni. Seperti perlu adanya kanopi untuk pejalan kaki dan menertibkan mo­bil yang melintas di dalam kampus. “Un­tuk biaya sendiri, saya setuju jika memang bertujuan agar mengalih­kan mahasiswa untuk jalan kaki atau bersepeda dengan biaya yang murah. Asalkan adanya trans­portasi anggaran biayanya tersebut,” tam­bahnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================