Untitled-12Kalau soal pohon, jangan main-main dengan SMP Bina Greha Cimanggu Kota Bogor. Di sekolah inklusif yang satu ini, para muridnya memiliki pengetahuan yang menakjubkan soal pohon. Semua bibit pohon yang dibawa Tim Bogor Hejo bisa ditebak dengan tepat oleh mereka. Menariknya lagi, hampir semua murid tahun nama pohon yang disodorkan Amalia Dian pada saat memandu kuis pohon.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

”Pengetahuan anak-anak di sini tentang po­hon luar biasa. Mereka bisa tahu dengan tepat nama pohon yang akan kita tanam hari ini,” kata Anggota DPRD Kota Bogor Najamudin yang hadir di acara tanam pohon bersama Bo­gor Hejo di SMP Bina Greha Cimanggu, Selasa (22/3/2016)

Kepala SMP Bina Greha Lala menjelaskan bahwa sekolah mereka merupakan sekolah rintisan Adiwiyata. Karena itu, sekolah ini cukup aktif melibatkan para siswa-siswinya dalam merawat lingkungan mulai dari perkara kebersihan sampai urusan menanam pohon. ”Dan, alhamdulillah sekolah kami berada di lingkungan yang masih hijau,” kata Lala.

BACA JUGA :  Tanggal Tua Masak yang Sederhana Dengan Tumis Sawi Putih Jagung Muda yang Lezat dab Sedap

Di seberang gedung SMP Bina Greha me­mang terdapat kebun jati. Di sekitar daerah itu juga masih terdapat aneka pohon buah seperti mangga, jeruk, belimbing. Begitu juga di hala­man sekolah dan kebun belakang terdapat be­berapa pohon buah yang mulai tumbuh besar.

tampak hadir pula pada acara ini pendiri Yayasan Bina Greha, para pengurus yayasan, para guru, dan juga Tim Bogor Hejo. Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani selaku ini­siator penanaman pohon setiap hari di Bogor berkesempatan memberikan edukasi mengenai pentingnya menanam pohon untuk mewujud­kan kembali lingkungan Bogor yang hijau, se­juk, dan indah. ”Sekarang ini Bogor sudah san­gat panas, sama seperti di Jakarta. Karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah menanam pohon setiap hari,” kata Alfian.

BACA JUGA :  Bejat, Oknum Guru Diduga Lecehkan Sejumlah Siswi di Tanjab Barat

Selain itu, lanjut Alfian, menanam pohon masuk dalam kelompom amal jariyah, yaitu amal yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang menanamnya sudah meninggal du­nia. ”Pohon yang kita tanam kemudian tumbuh besar, selain menghasilkan buah juga meng­hasilkan oksigen yang bermanfaat bagi orang banyak. Ini namanya amal jariyah,” katanya.

Najamudin sependapat dengan itu. Menurut Najamudin, kalau orang nanam pohon ribuan itu sudah biasa. Tetapi kalau kita menanam po­hon setiap hari secara konsisten, itu baru luar biasa. ”Apakah anak-anak siap menanam pohon setiap hari?” tanya Najamudin yang dijawab ser­empak oleh anak-anak SMP Bina Greha.

Selain masuk rintisan Adiwiyata, SMP Bina Greha juga memiliki prestasi yang membangga­kan. Secara akademik sekolah ini masuk akredi­tasi nasional dan memiliki nilai yang cukup baik. Kegiatannya pun cukup beragam mulai dari pentas seni, pramuka, lingkungan hidup, dll.

============================================================
============================================================
============================================================

2 KOMENTAR