Atlit_Muay_Thai_Batam_sedang_berlatih_di_sasana_Vitka_TibancentrePALEMBANG, TODAY – Pengu­rus Besar Muaythai Indonesia (PBMI) mendorong olahraga bela diri ini dipertandingkan pada Asian Games ke-18. Muaythai sempat diekshibisikan pada Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Ketua Harian Pengurus Besar Muaythai Indonesia Sudirman, menyatakan keingi­nan ini dilatari kemauan keras Pengurus Provinsi Muaythai In­donesia Sumatera Selatan yang ingin mempertandingkannya di Palembang.

“Palembang sudah me­nyatakan minat karena merasa pembagian cabang olahraga saat ini belum sebanding dengan ‘pengorbanan’ yang diberikan. Karena itu, PBMI mendorong agar muaythai dipertandingkan pada Asian Games mendatang,” kata Sudirman di Palembang, Senin (28/3/2016).

Ia mengemukakan, du­kungan dari federasi tingkat Asia hingga dunia pun sudah diberikan. Salah satunya den­gan menemui presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) beberapa waktu lalu.

Dalam waktu dekat, federasi dunia muathay juga akan men­gunjungi Indonesia untuk me­nindaklanjuti keinginan ini.

“KOI sudah memberikan sinyal positif, tinggal lagi me­nyakinkan OCA agar mau me­nyelenggarakan pertandingan muaythai ini. Apalagi syarat sudah pernah diekshibisi­kan, sudah terpenuhi,” kata Sudirman.

Ia mengemukakan banyak keuntungan yang bakal didapat­kan tuan rumah Palembang jika cabang olahraga asal Thailand ini dapat dipertandingkan pada Asian Games.

Di antaranya, dapat men­datangkan penonton dari selu­ruh penjuru dunia mengingat olahraga boxing tradisional ini sedang mendunia. Selain itu, jika dipertandingkan pada ajang olahraga bergengsi 45 negara maka PBMI berani menjamin bakal menyumbangkan dua medali emas.

“Bukan hanya prestasi tapi juga devisa negara akan ma­suk ke Indonesia,” pungkas­nya.

(Imam/net)