20140927_043525_20140927PBSI_Asian-Games_Jordan&Debby5JAKARTA, TODAY – Indonesia mengikutsertakan 52 pemain­nya dalam turnamen bulu tang­kis Singapura Terbuka 2016 yang digelar di Stadion Indoor Singapura, pada Selasa (12/4) hingga Minggu (17/4).

Sejumlah atlet Indonesia itu, seperti tercantum dalam situs tournamentsoftware yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, merupakan para pe­main yang mengikuti tiga rang­kaian turnamen superseries sejak India Terbuka 2016 pada pekan terakhir April 2016.

Singapura Terbuka 2016 tidak menggelar kualifikasi ganda putri. Tapi, Tiara Ro­salia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, Della Destiara Haris/ Rosyita Eka Putri Sari, Natasha Herloardjo/Rofahadah Supriadi Putri, Apriani Rahayu/Jauza Fadhila Sugiarto, Keshya Nur­vita Hanadia/Devi Tika Perma­tasari, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari telah be­rada pada babak utama.

Satu pemain Indonesia yang juga turun pada babak utama ganda putri adalah Pia Zebadiah Bernadeth. Pia ber­pasangan dengan atlet India Nelakurihi Sikki Reddy.

Nomor ganda campuran yang menjadi nomor andalan Indonesia akan diikuti dua pasangan babak kualifikasi Hendra Tandjaya/Rofahadah Supriadi Putri dan Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Alessan­dra Mainaky. Mereka akan ber­juang menyusul lima pasangan seniornya ke babak utama.

BACA JUGA :  Basket Ramadan Cup 2024, Siapkan Atlet Berprestasi

Lima pasangan Indonesia yang akan bertanding pada ba­bak utama adalah Tontowi Ah­mad/Liliyana Natsir, Edi Subak­tiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Debby Susanto, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, dan Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indone­sia Rexy Mainaky, dalam situs resmi PBSI, menyebut Indone­sia punya dua wakil yang akan bermain dengan percaya diri. Keduanya adalah pasangan campuran Tontowi Ahmad/Lili­yana Natsir dan Jonatan Chris­tie pada tunggal putra.

“Wakil-wakil dari sektor tunggal putri dan ganda putri punya keinginan tinggi untuk memetik hasil lebih baik pada Singapura Terbuka,” ujar Rexy.

Sementara itu, Ganda cam­puran andalan Indonesia, Ton­towi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil lolos ke babak kedua Singapura Super Series.

Tontowi/Liliyana meredam perlawanan Keigo Sonoda/ Naoko Fukuman dalam waktu 39 menit dengan skor 21-14, 21- 13. Kemenangan ini merupakan balas dendam atas kekalahan Tontowi/Liliyana di Perancis Super Series akhir 2015 lalu.

BACA JUGA :  Kang Jaya Cup Mini Soccer Turnamen, Cegah Maraknya Kenakalan Remaja

“Berkaca pada duel sebe­lumnya, kami tak mau lengah di pertandingan ini. Kami terus saling mengingatkan untuk fokus meskipun sudah unggul jauh,” ucap Tontowi seusai per­tandingan seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

Langkah Tontowi/Lili­yana ke babak kedua diikuti oleh Praveen/Debby. Juara All England 2016 ini berhasil menaklukkan ganda Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, 21-17, 21-16.

“Kami ingin tampil lebih bagus dibandingkan saat ber­laga di Malaysia. Kami tak mau berpikir terlalu jauh melain­kan hanya konsentrasi pada laga yang ada di depan mata,” ucap Debby.

Bukan hanya Tontowi/Lili­yana dan Praveen/Debby yang menapak ke babak 16 besar, melainkan juga ganda cam­puran muda, Edi Subaktiar/ Gloria Widjaja. Edi/Gloria me­lenggang ke babak kedua usai menaklukkan Lee Jhe-Huei/ Jung Wu Ti, 21-16, 21-10.

Berbeda dengan tiga ganda campuran yang lolos ke babak kedua, Markis Kido/Pia Zebadi­ah tumbang di hadapan Kenta Kazuno/Ayane Kurihara, 21-19, 7-21, 12-21.

(Imam/ant)

============================================================
============================================================
============================================================