image-(4)Usaha bidang bingkai foto yang bera­gam di Kabupaten Bogor kini men­jadi usaha baru yang cerah. Hal itu seiring dengan berkembangnya us­aha fotografi di Kabupaten Bogor. Kini ada satu usaha yang menyediakan bingkai berbagai frame foto, lukisan hingga kaligrafi.

Usaha kreatifitas menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Tak semua orang memiliki keinginan dan hobi untuk memper­cantik ruangan. Tetapi dengan sedikit sentuhan yang bernilai seni, ruangan hunian bisa tampak lebih indah dan nyaman. Kreatifitas seni terse­but dapat dituangkan dengan berbagai kreasi, termasuk bingkai foto.

Jika Anda hobbi mengoleksi foto-foto mo­ment berharga, sudah saatnya Anda memb­ingkainya agar tidak tersimpan sia-sia. Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memajang dokumen foto-foto pribadi Anda pada dinding. Foto-foto tersebut dikemas dengan kreasi gam­bar yang menarik dan didukung dengan bingkai foto yang serasi.

Selain foto, ada juga yang gemar dengan lukisan. Lukisan bisa disesuaikan dengan hobi. Bagi pecinta binatang, bisa memajang lukisan-lukisan binatang. Begitu juga yang menyukai konsep alam, perkotaan maupun lukisan ab­strak.

Hadirnya lukisan yang sesuai dengan hobi Anda tersebut, tentu akan mejadikan pikiran Anda lebih segar ketika ruangan Anda dipenuhi dengan lukisan-lukisan kesayangan Anda.

Di sisi lain, bagi seorang muslim, memilih hiasan dinding berupa kaligrafi menjadi pilihan tepat. Hiasan yang dominan dengan tulisan-tulisan arab berisikan ayat-ayat Al-Qur’an ini, dipilih umat muslim karena berkaitan dengan agama Islam.

Bagi Anda para pecinta tata ruang yang kreatif dan indah, tak perlu bersusah payah mencari lokasi tepat, untuk mendapatkan hiasan dinding ke­sukaan Anda. Saung Bingkai Dhiffa, yang terletak di Jalan Tegar Beriman Raya Desa Bo­jong Baru, Kabupaten Bogor atau yang biasa dikenal den­gan Jalan Baru Pemda arah Bambukuning, Kabupaten Bo­gor, menyediakan beragam je­nis hiasan dinding. Hiasan dinding tersebut yakni beragam bingkai foto, kaligrafi dan lukisan.

Saung Bingkai Diffa yang didirikan oleh In­dra sejak 2011 lalu. Awalnya, ia sempat bekerja di perusahaan bingkai milik orang lain selama delapan tahun. Karena ia ingin sekali memiliki usaha sendiri, ia mencoba bekerja sambil bela­jar dalam hal membuat bingkai.

Jenis dan ukuran bingkai foto, lukisan dan kaligrafi yang disediakan Saung Bingkai Dhiffa cukup beragam. Menurut Indra bingkai foto yang tersedia, mulai dari bingkai yang didesain dengan minimalis, biasa-biasa saja, bahkan Anda bisa memesan desain sendri.

Selain bingkai foto, Saung Bingkai Dhiffa juga menyediakan beragam jenis dan bentuk kaligrafi. Dalam hal ini, kaligrafi tersebut meng­gunakan pelbagai jenis pilihan bahan. Mulai dari alumunium, lilin, dan kuningan.

“Kalau lukisan itu variasi. Bingkainya juga banyak pilihan. Khusus untuk lukisan, bahannya beragam,” ungkap Indra kepada Bogor Today.

Harga yang dipatok Saung Bingkai Dhiffa pun beragam. Tergantung kualitas bahan, seni serta ukuran. Untuk bingkai foto, untuk ukuran 10 R den­gan harga Rp 30.000 hingga Rp 250.000 untuk ukuran 60cm x 90cm.

Untuk harga kaligrafi mulai dari RP 150.000-Rp 450.000, sedangkan lukisan Rp 300.000-Rp 800.000. Saung Bingkai Dhiffa juga menjual cermin seharga Rp 80.000.

“Harganya sesuai dengan ukuran dan va­riasinya. Semakin besar ukuran, semakin ba­gus jenis dan bahannya, maka semakin mahal. Semua relative,” tambahnya.

Kata Indra, semua bisa dibingkai di tempat­nya. Mulai dari bingkai foto wisuda, weeding (pernikahan), mahar, batik, kaligrafi, lukisan, bahkan gitar pun bias di bingkai.

Berkualitas, Rapih dan Cepat

Saung Bingkai Dhiffa menciptakan bingkai yang berkualitas serta rapih. Menu­rut Indra, kepuasan pelang­gan adalah hal yang utama. Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelang­gan, ia selalu berupaya untuk melayani permintaan pelanggan dengan cepat. “Untuk memanjakan pelayanan Saung Bingkai Dhiffa, kami bisa melayani pembuatan bingkai dengan memakai waktu satu hari,” terangnya.

Usaha yang ditekuninya tersebut telah banyak memikat hati konsumen. Buktinya saja Indra pernah membuatkan bingkai untuk launching film Tjokroaminoto, acara dari Jarum Super, frame dari dinas pendidikan untuk di Riau pergan­tian kepala pramuka yang baru dan akan dihadirkan oleh Pres­iden Jokowi, Projek dari UNHAN membuat lukisan karikatur untuk Bapa Syafrudin dan Susilo Bambang Yudhoyono, dan masih banyak lagi.

Seiiring banyaknya pesanan, Indra mengaku terdapat kendala dalam hal modal. “Waktu pertama saya buka saya hanya me­makai modal Rp 350.000 saja, untungnya lukisan dan ka­ligrafi mau saya bayar belakangan kalau sudah laku,” tandasnya.

(Hesti Amelia)

============================================================
============================================================
============================================================