2016-BMW-X1-xDrive28i-front-three-quartersSETELAH momen pameran automotif tahunan digelar di Indonesia yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada 7-17 April 2016 lalu, kini ajang serupa juga bakal digelar di Beijing, China.

Oleh : Hilman Septian
[email protected]

Seperti biasa, ajang semacam ini akan men­jadi kesempatan emas bagi para produsen au­tomotif dunia uantuk memperkenalkan produk terba­runya. Setelah dikabarkan Honda Avancier, SUV premium akan debut perdana di ajang tersebut, rupanya BMW juga memiliki ren­cana serupa.

Pada kesempatan ini, BMW se­bagai produsen mobil premium ini juga akan meluncurkan model terbarunya yakni BMW X1 , SUV premium 7 penumpang. Hadir dengan membawa kapasitas 7 orang penumpang, SUV X1 mena­warkan kapasitas bangku tiga ba­ris. Kabarnya, BMW sengaja mer­ancang bangun SUV terbarunya ini dengan menggunakan plat­form dari model X1 terdahulu.

Berdasarkan informasi Auto­evolution, tertulis bahwa kend­araan premium ini akan mem­bawa dimensi sumbu roda yang dibuat lebih panjang 4,56 meter dan mendapat lebar tambahan mencapai 1,82 meter dari gener­asi sebelumnya.

Perlu diketahui, BMW X1 merupakan lineup SUV pre­mium pertama yang dilahirkan oleh produsen yang berbasis di Munich dengan membawa kapa­sitas penumpang lebih banyak dibandingkan dengan SUV BMW lainnya. Itu artinya, inilah model pertama yang menawarkan pili­han untuk mobil keluarga. Se­lain premium, kapasitasnya juga lebih besar. Tentu akan menjadi salah satu pilihan menarik.

Meski merupakan SUV premi­um, namun BMW akan menem­patkan SUV X1 untuk model en­try level SUV 7 penumpang dari X7 yang seperti diketahui, SUV X7 tersebut saat ini tengah dalam proses pengembangan. Sedang­kan BMW X7 sendiri diperkira­kan bakal menjadi produk den­gan varian teratas yang memiliki kemewahan tersendiri diband­ingkan dengan SUV 7 pe­numpang lainnya.

Sementara itu, untuk pertama ka­linya meluncur di pasar China, BMW menawar­kan model X1 dalam tiga var­ian mesin yaitu mesin berkapa­sitas 1,5 liter tur­bo tiga silinder, mesin berkapasitas 2,0 liter empat silinder turbo bertenaga 189 hp dan yang terakhir adalah mesin berkapasitas 2,5 liter dan akan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 227 hp. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================