hilux-d-cab-2-5-diesel-g-mtPADA bulan Maret 2016 lalu, Toyota meluncurkan Hilux terbarunya di Eropa tepatnya pada saat digelar ajang Geneva Motor Show, Swiss. Beberapa waktu setelah itu, tak lama kemudian Toyota meluncurkan mobil pikap tersebut di Perancis. Untuk versi Perancis, Toyota menawarkan Hilux terbaru ini dalam sembilan varian.

Oleh : Hilman Septian
[email protected]

Dari sembilan varian , un­tuk varian termurah Toy­ota melego mobil pikap tersebut dengan harga mulai 19.300 euro atau setara dengan Rp230 juta, sementara untuk harga varian tertinggi ditawarkan dengan nominal 42 ribu euro atau setara dengan Rp635 juta.

Berdasarkan informasi dari In­dianautosblog mengatakan bahwa Toyota Hilux untuk pasar Perancis didatangkan dari pabrikan Toyota di Thailand. Dari pabrikan di Thai­land sendiri, Toyota Hilux diekspor ke lebih dari 130 negara. Beberapa negara tersebut yang merupakan pangsa pasar terbesar adalah Se­landia Baru, Australia, Amerika Se­latan, Timur Tengah, dan Inggris.

Untuk pasar global, Toyota Hi­lux menawar­kan tiga jenis mesin yang digendong sebagai jantung pacunya. Tiga varian mesin tersebut adalah satu mesin bensin dan dua mesin diesel.

Namun, khusus untuk Perancis Toyota han­ya menawarkan satu jenis mesin saja yaitu me­sin diesel empat silinder berkapasitas 2,4 liter. Dari mesin tersebut dihasilkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi puncak 400 nm. Tenaga terse­but kemudian disalurkan ke transmisi manual atau otomatis enam percepatan. Mesin baru ini juga diklaim akan bisa lebih menghemat bahan bakar hingga 10 persen dibandingkan mesin terdahulu. Selain itu, kendaraan terbaru ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur ke­amanan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan juga SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang yang duduk di depan.

Di Indonesia sendiri, Toyota Hilux diketa­hui telah meluncur pada bulan Agustus 2015 lalu. Hilux versi Indonesia ditawarkan dalam tiga varian yaitu varian single cabin, double cabin dan juga extra cabin. Harga un­tuk pasar Tanah Air dibanderol mu­lai Rp195 jutaan.

Setelah mendarat di Per­ancis, selanjutnya kemana lagi Hilux akan dilun­curkan? Asia? Indone­sia? Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari Toyota.

============================================================
============================================================
============================================================