146499_largeBANDUNG, TODAY – Kekuatan Persib Bandung bertambah di Indonesia Soc­cer Championship (ISC) A 2016 dengan kembalinya Rachmad Hidayat dan Zul­ham Zamrun. Khusus Rachmad mulai bergabung dengan rekan setim dalam sesi latihan. Sedangkan Zulham masih terapi pemulihan.

Setelah dua bulan istirahat memuli­hkan cedera, Rachmad ikut bergabung dalam sesi latihan. Rachmad mengalami cedera lutut kanan kala berhadapan den­gan PS Polri dalam uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, 12 Ma­ret lalu.

Akibatnya, Rachmad pun harus absen membela tim saat tampil di Turnamen Pia­la Bhayangkara 2016 dan Turnamen Segiti­ga di Stadion Galuh, Ciamis 6-10 April lalu. Rachmad juga absen saat Persib diimbangi Sriwijaya FC dalam laga perdana Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Sabtu (30/4) .

Dokter tim Persib Bandung, M Rafi Ghani mengatakan cedera yang dialami Rachmad saat ini sudah mulai membaik. Bahkan eks penggawa Persipasi Bandung Raya (PBR) dilibatkan dalam program lati­han tim yang digelar di Lapangan Progresif Soekarno Hatta, Kota Bandung.

“Sekarang (kemarin) Rachmad gabung latihan untuk mengasah sentuhan lagi. Karena sudah lama juga latihan tanpa bola,” ujar Rafi, Senin (2/5).

Meski begitu, Rafi tidak dapat memas­tikan Rachmad untuk bisa tampil meng­hadapi Pusamania Borneo FC (PBFC) di laga kedua ISC A 2016 di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (7/5) mendatang. Sebab, cedera yang dialaminya masih dalam ta­hap pemulihan. “Mudah-mudahan dalam satu dua minggu ini bisa (menjalani pertandingan),”katanya.

BACA JUGA :  Bogor Football School, Wadah Anak-anak Kembangkan Sepak Bola

Hal serupa ditunjukkan pada salah satu penggawa Persib lainnya yakni Zulham Zamrun. Menurutnya gelandang asal Ter­nate tersebut masih belum bisa bergabung dengan tim lantaran masih menjalani tera­pi pemulihan di Jakarta.

“Komunikasi sejauh ini intens. Tapi kita lihat kalau sudah di sini (Bandung). Soal­nya saya belum lihat pada saat di lapangan. Jadi tidak bisa berandai-andai (kapan ber­gabung). Takutnya di lapangan beda den­gan harapan. Jadi lebih baik tunggu seben­tar,” jelasnya.

Masih Terapi, Mei Bergabung

Sempat hadir dalam acara launching skuat Maung Bandung, Zulham Zamrun sampai saat ini belum tampak di seluruh agenda latihan Persib. Ternyata sang pe­main tengah fokus mengembalikan kondis­inya dari cedera ligamen di sebuah klinik di Jakarta.

Meski begitu dokter tim Persib, Rafi Ghani, terus menjalin komunikasi dengan winger asal Ternate tersebut. Dia terus melakukan konsultasi sebelum kembali berlatih dengan rekan-rekan setimnya.

“Zulham Zamrun masih ikut program yang di Jakarta. Komunikasi intens sama Zulham, terus kan ada lewat sosmed jadi kita hubungan terus,” papar Rafi di Sta­dion Persib, Senin (2/5).

Namun Rafi belum bisa menyebutkan kapan sang pemain bisa merumput lagi di bawah panji Maung Band­ung. Karena meski kondis­inya terus membaik namun Zulham belum tentu sudah bisa beraksi dengan kapasitas terbaiknya pasca mengalami cedera parah.

BACA JUGA :  Basket Ramadan Cup 2024, Siapkan Atlet Berprestasi

Terlebih pemain yang baru pulih dari cedera serius kerap dianggap sulit meng­hilangkan rasa trauma terhadap musibah serupa.

“Nanti kita lihat di sini, soalnya saya belum lihat pada saat di lapangan sini jadi ga bisa berandai-andai. Pengakuan dari yang bersangkutan dia udah 90 persen tapi kan selama ini lati­hannya di indoor bukan di lapangan rum­put makannya harus kita coba,” ungkap­nya.

Zulham saat ini masih menjalani ter­api setelah melakukan operasi di Jakarta pada Desember 2015 lalu. Dia baru akan bergabung dengan tim beberapa pekan ke depan untuk mengambalikan kondisi fisik dan mengembalikan sentuhan dalam mengolah si kulit bundar. “Menurut kabar dia sih mulai nanti pas pertengahan Mei gabung ke sini,” sebut Rafi.

Zulham mengalami cedera ketika membela Persipar Parepare dalam turna­men Habibie Cup. Sayang dia salah tum­puan saat terjatuh sehingga membuat otot Anterior Cruciate Ligament (ACL) dia terputus. Pemain terbaik sekaligus top scorer Piala Presiden itu pun mendapat vonis cedera 6 hingga 8 bulan untuk bisa kembali beraksi.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================