Mengingat bahwa dalam krisis kemanusiaan, pendan­aan merupakan salah satu hal penting dan selalu dibutuhkan, papar Imam yang juga Direktur Program Dompet Dhuafa ini.

Konferensi ini dihadiri oleh para pegiat kemanusiaan Dom­pet Dhuafa dari berbagai neg­ara di Asia Tenggara dan aka­demisi di antaranya Bambang Suherman (Dompet Dhuafa), Hafidzi Mohd Noor (MyCare Malaysia) Heru Susetyo (PA­HAM), Suryatno (Langsa Task Force, Aceh, Indonesia) dan Wai Wai Nu (Woman Peace Net­work, Arakan).

BACA JUGA :  Pemuda di Bogor Nekat Lawan 3 Perampok Usai Mobilnya Dicuri

SEAHUM adalah jejaring lembaga kemanusiaan di neg­ara-negara Asia Tenggara yang berkolaborasi dalam aktivitas kemanusiaan di wilayah Asia Tenggara baik berupa mitigasi, respons kedaruratan dan per­baikan.

Berawal dari diskusi dari ber­bagai lembaga kemanusiaan di Asia Tenggara yang menangani konflik kemanusiaan dan per­masalahan kemiskinan di dae­rah tersebut pada tahun 2012.

Dengan misi SEAHUM yang diusung yaitu memberikan solusi untuk membantu korban bencana kemanusiaan dan ke­miskinan melalui koordinasi, peningkatan kapasitas dan ker­jasama antara lembaga kema­nusiaan di Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bogor Ucapkan Terimakasih Kepada Bima dan Dedie di Acara Pisah Sambut

Diketahui jumlah pengungsi Rohingya di akhir 2014 hampir mencapai 500 ribu yang terse­bar di beberapa negara, ter­masuk negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Mereka men­cari suaka, menyelamatkan diri dari pembantaian etnis mereka di Myanmar.

(Abdul Kadir Ba­salamah)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================