f4e88dc6-0108-44b7-8451-d31f8db10ea0_169Kehebatan batik Indonesia memang sudah diakui dunia. Produk san­dang yang awalnya lahir dari kera­jinan rumahan itu, kini berubah menjadi industri raksasa yang produksinya mendunia.

Sepanjang 2015 lalu, nilai ekspor batik yang dilakukan Indonesia mencapai USD 156 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun, naik 10% dari tahun sebelumnya. Batik makin memi­liki nilai ekonomi yang tinggi.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mengatakan, pasar utama ekspor batik In­donesia adalah Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

BACA JUGA :  Resep Membuat Cah Kangkung Saus Tiram yang Lebih Sedap Bikin Ketagihan

“Batik adalah produk budaya Indonesia yang bernilai seni sekaligus ekonomi tinggi. Bagaimana caranya berkontribusi industri batik? Cara yang mudah dan konkret, den­gan kita memakai dan membeli batik Indo­nesia sama juga turut menghidupkan para pembatik skala kecil, menengah hingga besar,” kata Saleh dalam keterangan saat peresmian Pesona Batik Pesisir Utara Jawa Barat yang digelar oleh Yayasan Batik Jawa Barat di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

Saleh mengaku sangat mengapresiasi pelaku usaha dari pembatik hingga desain­er yang terus berkarya memproduksi batik sehingga menjadi bagian ekonomi kreatif. Motif-motif tradisional pun giat diangkat dan yang kontemporer juga diciptakan.

============================================================
============================================================
============================================================