minim-pelatih JAKARTA, TODAY-Yeyen Tumena angkat bicara soal jumlah pela­tih lokal hebat yang saat ini be­rada di Indone­sia. Mantan bek timnas Indonesia tersebut tak me­nampik bahwa jumlah pelatih b e rku a l i t a s masih minim di Indonesia.

Hal itu disampaikan Yeyen pada sesi jumpa pers usai mela­koni laga hiburan Calcio Leg­end kontra Primavera Baretti di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (21/5) malam.

“Good player harus dilatih oleh good coaching. Kendala kita saat ini adalah seberapa banyak good coaches yang kita punya, pelatih yang hebat yang kita punya,» ungkap Yeyen.

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

“Kalau kita bicara lisensi saja, lisensi A, sangat terbatas pelatih kita. Bahkan kalau kita lihat di TSC masih banyak pe­main asing. Itu memperlihat­kan bahwa memang develop­ment kita kepada pelatihan dan usia muda banyak terting­gal,” tukas Yeyen.

Sementara itu, Danur­windo yang bertindak sebagai pelatih tim Primavera Baretti menegaskan bahwa prestasi timnas Indonesia tak bisa di­raih begitu saja.

BACA JUGA :  Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Erick Thohir Apresiasi Juang Pemain Timnas Indonesia

“Prestasi sepakbola Indo­nesia tidak bisa instan. Harus dibuat mulai dari bawah, ha­rus ada coach education, se­hingga nanti pemain-pemain muda kita punya bekal yang kuat, punya modal untuk masa depan,” paparnya.

“Sehingga yang paling terpenting untuk sepakbola Indonesia ke depan youth de­velopment, coach education, sama kompetisi reguler untuk usia muda. Sehingga ke depan timnas kita bisa bagus mulai dari U-19 hingga senior,” tukas mantan arsitek Persija Jakarta itu.

(Imam/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================